TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Berlinang Air Mata, Shannen Doherty Curhat, Kanker Payudaranya Sudah Menyebar Ke Otak

Laporan: AY
Kamis, 08 Juni 2023 | 12:45 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

AS - Berlinang air mata, aktris Hollywood Shannen Doherty (52) bercerita soal perkembangan kanker payudaranya, yang kini telah menyebar ke otak.

Melalui akun Instagramnya, @thesando, bintang Beverly Hills 90210 itu memposting videonya, saat menjalani perawatan radiasi di rumah sakit dengan linangan air mata.

12 Januari 2023. Pada tanggal 5 Januari, hasil CT scan menunjukkan, sel kanker saya sudah menyebar hingga ke otak. Video yang kemarin saya posting menunjukkan proses pemasangan masker, yang dikenakan selama menjalani radiasi otak," tutur Doherty. 

"12 Januari, saya menjalani radiasi pertama. Ketakutan saya jelas. Saya merasa sangat sesak. Ada banyak hal yang terjadi dalam hidup saya. Saya beruntung memiliki dokter hebat seperti Dr Amin Mirahdi dan teknisi luar biasa di Cedar Sinai. Tapi ketakutan itu.... kekacauan..... waktu dari semuanya.... beginilah rupa kanker," imbuhnya.

Doherty yang juga pernah membintangi film Charmed, pertama kali didiagnosis kanker payudara pada tahun 2015. Dua tahun kemudian, dia sembuh.

Pada tahun 2020, Doherty mengumumkan kankernya kumat. Sudah menyebar dan mencapai stadium 4.

Merujuk informasi pada https://breastcancer.org, sekitar 10-15 persen pasien kanker payudara stadium IV, berisiko mengalami metastasis otak.

Umumnya, sebelum menjalar ke otak, kanker payudara telah menyebar ke bagian tubuh lain seperti tulang, paru-paru, atau hati.

Risiko metastasis otak tertinggi, dialami orang dengan subtipe kanker payudara yang lebih agresif, seperti kanker payudara HER2-positif atau triple-negatif.

Gejala kanker payudara yang telah menyebar ke otak antara lain meliputi sakit kepala, perubahan indera yang dikendalikan otak seperti bicara cadel, penglihatan kabur, masalah keseimbangan, pusing, atau hal lain yang tampaknya tidak biasa.

Bisa juga berupa masalah memori perubahan suasana hati atau kepribadian, kejang stroke.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo