TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gus Yahya: NU Bukan Parpol, Nggak Pantas Ngomongin Politik Sama Presiden

Laporan: AY
Jumat, 09 Juni 2023 | 17:35 WIB
Ketum NU Gus Yahya. Foto : Ist
Ketum NU Gus Yahya. Foto : Ist

JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya menegaskan, organisasi yang dipimpinnya tidak akan terlibat kegiatan politik praktis. Sebabnya jelas, PBNU bukan partai politik (parpol).

"Nggak patut ini, NU masak ngomong politik tidak pada tempatnya," kata Gus Yahya saat ditanya apakah pertemuan dirinya dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (9/6), membahas soal politik.

Gus Yahya menekankan, NU bukan organisasi yang berhak mengajukan calon untuk Pemilu. Itu adalah domain parpol.

"Kami bukan partai politik. Jadi, kami tidak dalam posisi untuk mengajukan calon. Silakan dipikir sendiri oleh parpol-parpol itu," bebernya.

Berkali-kali, Gus Yahya mengatakan,  NU bukan parpol. Di Pemilu 2024, NU memposisikan diri untuk mencegah terjadinya perpecahan di masyarakat.

"Saya tuh bolak-balik teriak-teriak soal ini. NU bukan parpol, NU tidak dalam posisi untuk memberikan dukungan politik," tandas mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu.

"Satu-satunya yang akan dilakukan NU terkait ini adalah berusaha sekuat tenaga. Menjaga masyarakat tetap tentram, tetap harmonis, tidak terjadi antagonisme, dan tidak terjadi permusuhan antar-kelompok gara-gara agenda politik," jelas kakak kandung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Gus Yahya menuturkan, Pemilu merupakan bagian dari prosedur untuk memilih pemimpin. Siapa pun pemimpin yang terpilih nanti, harus didukung oleh masyarakat.

"Harus didukung, harus ditaati. Kita tidak perlu menerus-neruskan antagonisme di antara pendukung yang berbeda-beda," cetus Gus Yahya. 

Komentar:
ePaper Edisi 27 September 2024
Berita Populer
02
Polisi Ringkus Pelaku Penculikan Anak di Ciputat

TangselCity | 2 hari yang lalu

03
07
Pimpinan DPRD Kota Tangerang Ditetapkan

Pos Tangerang | 1 hari yang lalu

08
Siswi Korban Penculikan Didampingi Psikolog

TangselCity | 2 hari yang lalu

GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo