TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Warga Jepang Banyak yang Hidup Lebih dari 100 Tahun, Ini Rahasianya

Oleh: Mg.1
Sabtu, 10 Juni 2023 | 12:27 WIB
Ist
Ist

JEPANG, Banyaknya warga yang berusia di atas 100 tahun, membuat Jepang menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk tertua di dunia. Hal tersebut pun menarik beberapa peneliti.

Peneliti di Pusat Penelitian Protein Yayasan Novo Nordisk di University of Copenhagen, menemukan bahwa dari 176 orang yang berusia lebih dari 100 tahun (centenarian), memiliki kombinasi bakteri baik usus dan virus yang unik.

"Kami selalu ingin tahu mengapa beberapa orang hidup sangat lama. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa bakteri usus warga Jepang tua menghasilkan molekul baru yang membuat mereka kebal terhadap mikroorganisme patogen yaitu, penyebab penyakit," jelas penulis studi Postdoc Joachim Johansen.

Atas temuannya, peneliti menyimpulkan bahwa hal tersebut merupakan alasan warga Jepang dapat hidup lebih dari 100 tahun.

"Dan jika usus mereka lebih terlindungi dari infeksi, maka itu mungkin salah satu hal yang menyebabkan mereka hidup lebih lama daripada yang lain," sambungnya.

Studi lainnya juga memperlihatkan bahwa sebuah virus tertentu yang terdapat di usus, dapat memiliki dampak yang baik untuk kesehatan. Ia pun mengatakan bahwa usus para centenarian di Jepang sangatlah menarik.

"Kami menemukan keragaman biologis yang besar pada bakteri dan virus bakteri pada centenarian. Keragaman mikroba yang tinggi biasanya dikaitkan dengan mikrobioma usus yang sehat. Dan kami berharap orang dengan mikrobioma usus yang sehat akan lebih terlindungi dari penyakit terkait penuaan," kata Joachim Johansen.

Dengan adanya penelitian ini, ia berharap bahwa hasil penelitian dapat membantu meningkatkan harapan hidup orang lain.

"Begitu kita tahu seperti apa flora usus para centenarian, kita bisa lebih dekat untuk memahami bagaimana kita bisa meningkatkan harapan hidup orang lain," sambungnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo