TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bupati Zaki Iskandar Raih Gelar Dokter Dengan IPK Sangat Memuaskan

Laporan: AY
Sabtu, 17 Juni 2023 | 19:30 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA – Sesuai keputusan Dewan Penguji Ujian Promosi Doktor resmi menyatakan Ahmed Zaki Iskandar Zulkarnain lulus dalam Ujian Promosi Doktor Ilmu Pemerintahan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Sekolah Pascasarjana Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahan, Jakarta, Jumat (16/06/2023). Zaki dinilai berhasil mempertahankan disertasi dihadapan Dewan Penguji dengan judul disertasi ‘Inovasi Pelayanan Publik di Era Pandemi Covid-19 di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten’.

Bupati Zaki yang kini bergelar Doktor (Dr) Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) akhir 3,81 atau Sangat Memuaskan, usai menuntut pendidikan doktor selama 4 tahun.

“Judul disertasinya adalah inovasi Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang di masa pandemi Covid-19, yang dianalisa bagaimana pelayanan publik pada saat pandemi Covid-19 terjadi itu berlangsung di Pemerintahan Kabupaten Tangerang,” jelas Zaki saat diwawancarai usai sidang.

Menurut Zaki, poin penting dari disertasi ini adalah dibuat pada saat terjadi pandemi Covind-19. “Siklus dari pandemi yang 100 tahunan itu mungkin bisa jadi bahan kajian lagi nanti atau sharing experience dan juga sharing idea, untuk apabila terjadi ekstra ordinary event seperti pandemi Covid-19 di masa yang akan datang bagi pemerintahan, baik di daerah maupun di provinsi,” ucapnya.

Lanjut Zaki, bahwa teori pemerintahan itu sudah banyak, tapi ada beberapa analisa yang belum memfoto kejadian apa yang dilakukan Pemerintah Daerah pada saat pandemi, seperti pandemi Covid-19. “Jadi mudah-mudahan hasil disertasi ini bisa jadi buki nanti yang menjadi bahan Pemerintah Daerah lainnya,” ucapnya.

Zaki mengaku penelitian ini dilaksanakan pada 23 Desember 2020 hingga 27 Februari 2021 di ruang lingkup Pemkab Tangerang, khususnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Ini jadi momen tidak terlupakan karena disertasi ini disusun pada saat terjadinya Covid-19. Saya di akhir 2020 dan di 2021 mengumpulkan data kemudian meramu dan menganlisa kejadian dan fenomena pada saat Covid-19 ini terjadi. Nah ini mungkin keunggulan dari disertasi saya,” jelasnya.

Saat ditanya disertasi ini untuk siapa, Bupati Zaki mengatakan, disertasi ini untuk orang tua saya, keluarga dan masyarakat Kabupaten Tangerang termasuk ASN Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, bentuk inovasi yang dimaksud adalah dengan pembuatan website atau aplikasi pelayanan publik. Beberapa diantaranya yakni Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (SIPENDUK) dan Sistem Informasi Pelayanan Pelayanan Terpadu (SIPINTER).

Baru-baru ini telah diluncurkan pula inovasi lainnya yakni Sistem Informasi Cetak Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Online Terpadu (SICEPOT). Program ini memungkinkan pelayanan pembayaran PBB dengan proses pembayaran cashless tanpa harus datang ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Lalu ada inovasi Sistem Informasi Booking Online Medical Check-up (SIBOMCU). Dengan aplikasi ini, masyarakat yang mau mendapatkan pelayanan medis bisa tanpa hadir langsung ke rumah sakit dan menyesuaikan dengan waktu yang dapat disesuaikan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo