TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Mudahkan Pengaduan Masyarakat, Diskominfo Tangsel Tingkatkan Efektivitas Layanan SP4N Lapor

Laporan: Rachman Deniansyah
Senin, 26 Juni 2023 | 18:54 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT - Pemerintah Kota melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meningkatkan efektivitas layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR), Senin (26/6/2023). 

Penguatan terhadap sistem layanan SP4N LAPOR ini, dilakukan guna memberi kemudahan kepada masyarakat untuk menyampaikan pengaduannya kepada pemerintah. 

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, pada kesempatan ini pihaknya memberi pengenalan mengenai sistem pelayanan SP4N LAPOR lebih jauh, setelah diluncurkan sejak beberapa bulan silam. 

"Nanti dijelaskan mengenai mekanisme dan lainnya. Intinya pengaduan masyarakat itu kita berikan koridor, saluran untuk mereka (masyarakat-red) sampaikan kepada kami dan kemudian dicarikan jalan keluar atau solusinya," jelas Benyamin. 

Melalui sistem digitalisasi, Benyamin berharap agar seluruh aspirasi masyarakat dapat terserap dengan baik. Hingga ke depannya, arah kebijakan pemerintah dapat dinikmati oleh masyarakat dengan baik. 

"Dulu kita menciptakan Siaran Tangsel dengan mekanisme yang semudah-mudahnya. Itu versi kita Tangerang Selatan. SP4N LAPOR ini adalah dari Kemendagri. Ini akan berlaku di daerah lain. Saya mencoba untuk melayani publik dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Diskominfo Kota Tangsel, Tb Asep Nurdin menerangkan, pada kesempatan ini pihaknya ingin melakukan pemantapan guna meningkatkan efektivitas layanan SP4N LAPOR. 

"Yang merupakan aplikasi platform yang sudah diinisiasi oleh Pemerintah Pusat dan sudah banyak sekali digunakan daerah lain. Tentunya Tangsel tak ingin ketinggalan untuk menyerap aspirasi tersebut," tuturnya. 

Ia menyebut, sejak diluncurkan banyak aduan masyarakat yang masuk dan sudah ditindaklanjuti.

Ia berharap, dengan begitu Pemkot Tangsel dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. 

"Alhamdulillah berkat kerja keras khususnya tim SP4N LAPOR yang bekerja keras berkoordinasi dan bekerja sama dengan OPD terkait sedikit demi sedikit laporan tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Kami Diskominfo sebagai salah satu operator yang menjalankan aplikasi SP4N LAPOR berusaha semaksimal mungkin untuk membangun koordinasi dari teman-teman OPD. Kita akan terus melakukan penguatan kapasitas pengelolaan pengaduan masyarakat melalui aplikasi SP4N LAPOR," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo