TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kopi atau Soda, Mana yang Lebih Sehat?

Oleh: Mg.1
Selasa, 27 Juni 2023 | 11:52 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Teh, kopi, hingga minuman soda kemasan, merupakan minuman segar yang rasanya sulit untuk ditolak. Berbagai macam minuman segar itu juga memiliki kandungan yang berdampak bagi kesehatan tubuh.

Kali ini, kopi akan dibandingkan dengan soda berdasarkan kandungan asam, kalori, hingga kandungan kafeinnya.

Berdasarkan kandungan asam, rasa pahit pada kopi disebabkan antaran kandungan kadar asam yang tinggi. Berdasarkan penelitian Universitas Udayana, kopi arabika dan robusta memiliki kadar pH sekitar 5,16 - 5,69. Di satu sisi, kadar pH pada soda jauh lebih rendah dengan rata-rata 2,5.

Sedangkan pada kadar kafein, soda reguler memiliki kafein 34 miligram pada 355 mililiter. Meski begitu, kandungan kafein pada kopi masih tidak belum dikalahkan oleh soda. Kopi dapat mengandung kafein hingga 140 miligram pada takaran sebanyak 355 mililiter.

Dalam hal kandungan kalori, rata-rata kopi hitam mengandung kalori sangat rendah. Bahkan, hampir nol kalori. Kalori tertinggi pada kopi hitam ditemukan sekitar 4 kalori saja. Berbeda dengan sekaleng soda berisi 355 mililiter, dapat mengandung 15 - 172 kalori.

Terkait dengan mana di antara kedua minuman tersebut yang lebih berbahaya, beberapa penelitian telah mencoba melihat efek dari kandungan yang ada dalam kedua minuman tersebut.

Berdasarkan penelitian dari Cleveland Clinic, mengonsumsi sekaleng soda dapat menyebabkan stroke. Bahkan, orang yang rutin mengonsumsi soda secara berlebih memiliki risiko terkena stroke 16 kali lipat lebih tinggi.

Di satu sisi, kopi dinilai tidak terlalu berisiko terhadap kesehatan. Semakin rendah campuran susu, krim, dan pemanis pada kopi, akan semakin rendah pula risiko dan dampak negatifnya pada tubuh.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo