TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Relawan Jokowi Lebih Banyak Dukung Ganjar Atau Prabowo?

Hasto Kristiyanto: Lebih Banyak Yang Dukung Ganjar

Laporan: AY
Selasa, 11 Juli 2023 | 10:42 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Melalui penjaringan pendapat bertajuk Konferensi Daerah (Konferda), tiga Pro Jokowi (Projo) daerah mendukung Prabowo Subianto-Airlangga Hartarto sebagai bakal Capres-Cawapres. Yakni, Projo Sulawesi Utara (Sulut), Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sumatera Barat.

Selanjutnya, dukungan Projo Sulut, Sulsel dan Sumbar terhadap Prabowo-Airlangga itu, akan dibawa ke dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Projo yang akan dihadiri Presiden Jokowi pada Oktober 2023.

Bendahara Umum Relawan Projo, Panel Barus menyatakan, DPP Projo hanya menjaring suara-suara daerah melalui Konferda, tanpa rekayasa.

Sedangkan Eko Kuntadhi, Penasihat Ganjarist, meminta para relawan tidak mengkapitalisasi nama Jokowi demi keuntungan politik sendiri. Terutama, menjelang Pemilu seperti sekarang ini.

Eko juga berharap, organisasi relawan tidak menjadi alat politik untuk mobilitas vertikal para pengurusnya. Sehingga, benar-benar berperan sebagai relawan.

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, relawan pendukung Ganjar otentik dan esensial. Sehingga, tidak mengalami gelombang yang naik turun, konsisten mendukung Ganjar.

Sedangkan Eks Ketua Umum Jokowi Mania (Joman), Immanuel Ebenezer menyatakan, relawan yang berasal dari Joman, mendukung Prabowo.

Bahkan, dia mengklaim, Jokowi pun mendukung Prabowo. "Kami ini relawan Jokowi. Pastinya, kami melihat langkah-langkah Pak Jokowi," tandasnya.

Berikut ini tanggapan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengenai relawan Jokowi yang mendukung Prabowo. Tanggapan itu disampaikan Hasto di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar, Jakarta.

Banyak relawan Jokowi mendu­kung Prabowo. Bagaimana tanggapan Anda?

Secara kuantitatif, jumlah relawan Pak Jokowi yang mendukung Pak Ganjar jauh lebih banyak.

Selain jumlah, apa yang juga penting dari pendukung Ganjar?

Bagi kami, pendukung Ganjar, yang penting adalah pergerakan dan terlihat betul stamina yang sangat tinggi. Antusiasme selalu terlihat saat anak muda bertemu Ganjar.

Apa makna antusiasme itu?

Ini menjadi modal dasar yang kuat, bagi proses pemenangan. Dukungan yang substansial, mendorong daya pergerakan menjadi lebih terarah dan lebih baik.

Tapi, banyak juga relawan Jokowi yang mendukung Prabowo. Bagaimana itu?

Kepemimpinan relawan tertentu yang memberikan dukungan di luar dari Pak Ganjar, apakah betul me­wakili seluruh elemen relawan itu.

Kalau kita melihat rekam jejak yang kemarin memberikan dukungan di luar dari Pak Ganjar, itu tampak fluktuatif. Berubah-ubah.

Misalnya?

Ada yang mau membubarkan diri, akhirnya tidak jadi. Menolak Pak Prabowo jadi menteri, akhirnya tidak jadi.

Apa kelebihan relawan pendu­kung Ganjar?

Yang mendukung Pak Ganjar, otentik dan esensial. Sehingga, tidak mengalami gelombang yang naik turun, konsisten mendukung Ganjar.

Menjelang Pilpres, banyak re­lawan memberikan dukungan untuk bakal Capres. Bagaimana pandangan Anda?

Yang namanya menjelang Pilpres, situasi sangat dinamis. Wajar saja para relawan bermunculan. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo