TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tangsel Pamerkan Sederet Produk Unggulan pada Ajang Rakernas Apeksi di Makassar

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 12 Juli 2023 | 16:03 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

MAKASSAR, Pemerintah Kota (Pemkot) bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tangerang Selatan (Tangsel) pamerkan sederet produk unggulan yang memiliki kualitas kelas wahid dalam ajang rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang berlangsung di Makassar, Rabu (12/7/2023). 

Beragam produk unggulan yang berasal dari seluruh kecamatan di Tangsel ini, disajikan dalam rangkaian Indonesia City Expo 2023 pada ajang tersebut. 

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan, ajang Apeksi ini merupakan momen yang harus dimanfaatkan untuk mengenalkan produk-produk unggulan pada kancah nasional. Mulai dari produk fashion, makanan, Kria, dan Sebagainya. 

"Kami Insya Allah berbagai macam Kria khas Tangerang Selatan, makanan khas Tangerang Selatan, dan beberapa teknologi yang dibuat oleh teman-teman dari warga Tangsel," ujar Pilar. 

Selain produk unggulan, untuk menarik hati para pengunjung Pemkot Tangsel juga menyajikan pertunjukkan kesenian Gambang Kromong. 

"Bagi tamu yang melihat Expo kita. Namanya Paviliun Tangsel. Kita juga menyajikan di video tron terkait wisata-wisata unggulan kita. Supaya yang melihat bisa tau apa saja potensi keunggulan Tangsel dan mau visit Tangsel," imbuhnya. 

Banyak sekali produk yang dipamerkan dalam ajang ini. Harapannya, produk asal Tangsel ini dapat bersaing di kancah Nasional, atau bahkan hingga Internasional.

"Produknya ada makanan yang pasti, ada Kria, ecoprint, rajut, lalu juga lukisan di atas pelepah, lalu pertanian anggrek, semua kita bawa. Lalu juga jadi banyak juga perusahan atau orang yang membuat VR di Tangsel. Nanti bisa dipasarkan. Lalu ada kopi juga, baristanya kita langsung bawa," paparnya. 

Pilar berharap, melalui pameran ini produk-produk unggulan asal Tangsel dapat dikenal masyarakat luas.

"Untuk target, kita mengutamakan pengenalan dulu. Saya seperti ini, semua harus ada tester agar semua bisa nyobain. Seperti sagon bakar, lalu kopi, dan di sini banyak interaktif, virtual mesin capit ini makanan Tangsel. Jadi orang tahu gitu, kalau mau bekerjasama bisa tanyakan kepada kita," tuturnya. 

Lebih lanjut, Ketua Dekranasda Kota Tangerang Selatan, Rr Truetami Ajeng Pilar menambahkan, seluruh produk yang dibawa ini merupakan hasil unggulan dari masyarakat di seluruh kecamatan. 

"Unggulan dari tujuh kecamatan. Jadi dari satu kecamatan ada satu produk unggulan yang kami bawa. Untuk mewakili Tangerang Selatan, dan standarnya juga sudah baik. Kemudian standarisasinya juga sudah seperti di mal jadi tidak kalah bagus lah," ungkap Truetami. 

Untuk menggaet hati para pengunjung, pihaknya juga menyajikan seluruh produk dengan konsep yang lebih interaktif. 

"Kalau kita lihat Tangsel memang menginginkan yang datang interaktif. Jadi kalau interaktif harus ada yang dirasa, dihirup, didengar, dan intinya seluruh panca indera harus dirasa dulu,"

katanya. 

Sehingga ke depannya, lanjut Truetami, diharapkan produk-produk asal Tangsel ini dapat menjadi primadona dan dapat mengundang transaksi pembelian produk dengan baik. 

"Sebenarnya target transaksi kami ingin secara berkelanjutan. Jadi tidak hanya di sini, karena kalau hanya di sini kita menghabiskan anggaran yang dibawa. Jadi supaya misal udah tahu Tangsel punya kekayaan apa, potensi apa, kalau kita lihat dari nominalnya, orang itu secara berkelanjutan pasti lebih besar dibanding transaksi secara langsung," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo