TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gibran Bicara Ke Relawan

Jokowi Sedang Fokus Dukung Satu Capres

Oleh: Farhan
Jumat, 28 Juli 2023 | 10:35 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SOLO - Siapa jagoan Presiden Jokowi di Pilpres 2024, tentu ditunggu-tunggu semua pihak. Baik oleh parpol, relawan termasuk Capres yang akan bertarung. Menurut putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming, bapaknya itu kini sedang fokus dukung satu Capres. Siapa dia? Gibran tak mau membukanya.

Gibran bicara soal itu saat menemui sejumlah relawan Jokowi pada Pilpres 2019 dan 2014, di Restoran Telaga Sampireun, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin. Pertemuan itu berlangsung setelah Gibran memenuhi undangan wawancara dengan salah satu stasiun televisi swasta.

Mengenakan kaos warna putih, Gibran tiba seorang diri pukul 12.00 WIB. Kedatangan Wali Kota Solo itu disambut hangat oleh sejumlah relawan Jokowi. Satu per satu dari mereka pun rela antre menyalami suami Selvy Ananda itu.

Setelah itu, Gibran lantas berjalan menuju ke tempat duduk yang telah disiapkan panitia. Gibran duduk semeja dengan Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas, Ketum Pertiwi Putri Kisnuwardhani, Ketum Sedulur Jokowi Paiman Raharjo, Ketum Bara JP Utje Gustaff Patty, Sekjen Soliditas Ulama Muda Jokowi (Samawi) Nizar, dan Ketum ReJo Darmizal.

Dalam kesempatan ini, Gibran mengaku tidak mengambil cuti dari jabatannya sebagai orang nomor wahid di Surakarta. Karena hadirnya dia di tengah-tengah relawan Jokowi cuma untuk makan siang.

“Ngapain cuti? Nggak, saya mendatangi Rosi (Rosianna Silalahi pembawa acara program Rosi Kompas TV). Tadi saya ke Rosi, terus mampir mau makan doang, makan, makan,” kata Gibran.

Ketika ditanyakan apakah ada pembahasan mengenai arah politik relawan Jokowi, Gibran membantahnya. “Nggak ada (pembahasan yang lain), makan aja,” sambungnya.

Lagipula, Gibran mengaku dirinya bukan siapa-siapa. Makanya politisi PDIP itu menegaskan tidak punya kekuatan mengarahkan siapapun untuk mendukung salah satu bakal Capres. “Beliau ini kan relawan Jokowi, bukan relawan Ganjar, jadi saya nggak berhak mengarah-arahkan,” ungkap dia.

Yang jelas, tambah Gibran, ayahnya sudah mengantongi satu nama yang akan didukung di Pilpres 2024 mendatang. “Sudah (ke satu Capres),” ucap dia.

Akan tetapi, Gibran enggan membeberkan siapa bakal Capres yang didukung Jokowi. Hanya saja, ia memastikan dukungan telah mengerucut ke satu sosok. “(Ciri-cirinya) nanti saja ya,” singkatnya.

Saat ditanya apakah mendukung Ganjar, Gibran berkata tim pemenangan belum terbentuk. Ia pun belum merasa ditunjuk sebagai juru kampanye Ganjar. “Timnya itu belum terbentuk. Kampanye belum mulai,” tandas bos Markobar tersebut.

Merespons ucapan Gibran, Ketum ABJ Michael Umbas menegaskan pihaknya patuh dengan keputusan Jokowi. Namun, hingga kini, dia mengaku, Jokowi belum mengarahkan relawannya untuk mendukung salah satu bakal Capres yang ada. “Harus Pak Jokowi yang ngasih tahu,” tegas Umbas.

Dia bilang, ABJ bersama 40 organ relawan Jokowi lainnya setia menunggu arahan dari sang Presiden. “Sudah sangat siap mendukung siapapun pilihan Pak Jokowi,” tekannya.

Terpisah, Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC) Rio Prayogo memprediksi jagoan Jokowi adalah Ganjar. Sebab relasi Jokowi dan PDIP sudah lama terbangun. “Bandingkan relasi Jokowi dengan Prabowo yang baru, itu pun masuk melalui drama pelik Pilpres 2019,” tukas Rio, kemarin.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo