TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Puluhan Finalis Miss Universe Indonesia Jadi Korban Pelecehan

Oleh: Mg.1
Rabu, 09 Agustus 2023 | 15:49 WIB
Kuasa hukum korban Mellisa Anggraeni. Foto : Ist
Kuasa hukum korban Mellisa Anggraeni. Foto : Ist

JAKARTA - Kuasa hukum korban, Mellisa Anggraeni, menyebutkan bahwa terdapat 30 kontestan Miss Universe Indonesia 2023 yang dilecehkan dengan cara difoto dalam keadaan tanpa busana.

"Sebenarnya yang mengalami ada 30 orang. Tapi yang baru yang memberikan kuasa baru 7 orang, tapi berjalannya waktu terus bertambah," kata Mellisa, Rabu (9/8/2023)

Laporan dugaan pelecehan tersebut sudah teregister dengan nomor LP/B/4598/VII/2023 SPKT POLDA METRO JAYA. Korban melaporkan atas Pasal 4, 5, dan 6 Undang-Undang TPKS, serta Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang TPKS. 

Setelah membuat laporan, pihaknya kini akan meminta perlindungan terhadap para korban kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (KPPA).

"Ini setelah ini akan bertemu dengan Kementerian Perempuan untuk mereka menyampaikan apa yang mereka alami meminta perlindungan support dan sebagainya," jelasnya. 

Pelecehan seksual tersebut dikatakan terjadi pada Selasa (1/8) lalu. Para korban merasa terpaksa ketika disuruh untuk menanggalkan busananya saat body checking. 

Beberapa korban pun disebut sampai menangis saat diminta melakukan hal tersebut, dengan beberapa di antaranya sudah menyampaikan rasa keberatannya. 

"Belum ada saya mendengar mereka menolak, tapi sudah menyampaikan berkali-kali ada yang bilang sudah mau nangis mukanya, ada yang sudah nangis setelah dilakukan. Tapi sudah ada yang menyampaikan 'saya tidak nyaman, Bu'," ucap Mellisa.

Meski begitu, oknum tersebut tetap meminta korban untuk melakukan hal tersebut tanpa rasa malu. 

"Dijawab dengan pelaksana itu, si oknum ini, si perusahaan menyampaikan bahwa 'Loh, kamu jangan malu, kamu harus percaya diri, embrace your self, kamu kalau di luar negeri nanti akan lebih parah, lebih ditelanjangi dan ditonton banyak orang," jelasnya. 

Mellisa juga menjelaskan bahwa oknum yang memfoto para kontestan dalam keadaan tanpa busana tersebut bukanlah seorang fotografer. Oknum tersebut juga menggunakan ponsel biasa untuk melakukan aksinya. 

"Tidak ada fotografer di sana, diambilnya pakai handphone. Nah, ini yang salah ya, diambilnya pakai handphone oleh pelaksana Miss Universe Indonesia. Dia yang menyuruh, dia yang memotret, dia yang memeriksa gitu ya," ungkapnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo