TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Wanita Berusia 101 Tahun Masih Aktif Bekerja, Ini Rahasianya

Oleh: Mg.1
Sabtu, 12 Agustus 2023 | 14:44 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

AMERIKA SERIKAT - Jayne Burns, seorang wanita kelahiran 1922 asal Ohio, Amerika Serikat, masih aktif bekerja sebagai karyawan pemotong kain di sebuah toko pada usianya saat ini. Ia pun sudah bekerja di toko tersebut selama 25 tahun.

Bahkan, Burns masih aktif bekerja selama delapan jam sehari di usia 101 tahun. Berdasarkan pengakuannya, hal tersebut juga menjadi salah satu rahasia panjang umurnya.

"Anda harus terus bergerak dan tidak duduk di rumah sepanjang hari," kata Burns.

Burns yang bekerja paruh waktu, memiliki jam kerja selama tiga hari dalam satu minggu mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

"Saya hanya suka bekerja dan saya suka bekerja dengan orang-orang,” ucapnya.

Terkait pekerjaannya, Burns mengaku tak memiliki masalah sama sekali. Padahal, memotong kain bukanlah pekerjaan yang mudah lantaran membutuhkan penglihatan yang baik dan kekuatan fisik.

Pada 1990 silam, suami Burns meninggal dunia. Anaknya yang pada saat itu juga bekerja di toko tersebut pun mengenalkan pekerjaan itu kepada Burns. Burns sebelumnya bekerja sebagai bookkeeper.

"Saya menyukai kain, jadi manajer bertanya apakah saya ingin bekerja. Saya mulai bekerja dengannya dan menyukainya dan tinggal di sana," jelas Burns.

Terkait dengan usianya yang menyentuh 101 tahun, Burns mengaku tidak mengetahui penyebabnya. Pasalnya, sang ibu meninggal di usia 40-an karena aneurisma, dan ayahnya meninggal di usia 65 tahun.

"Jadi saya tidak tahu apa itu, tapi saya masih di sini," kata Burns.

Burns juga memakan apa saja yang diinginkannya. Sebelumnya, dia biasa memperhatikan asupan gulanya. Namun, sekarang sudah tidak lagi. 

Di usianya yang ke-101, Burns masih berolahraga secara teratur bahkan ia masih bermain bowling dan golf. 

"Saya selalu aktif, sepanjang hidup saya melakukan sesuatu. Jadi saya pikir itu telah membantu lebih dari apa pun," ujarnya.

Untuk menjaga wajahnya dari penuaan dini, ia tidak pernah menggunakan sabun di wajahnya ketika masih muda. Burns juga masih menikmati beauty routine yang teratur untuk merawat kulit dan tubuhnya.

"Saya menggunakan pelembab dan makeup. Saya pikir saya melakukannya sepanjang hidup saya, jadi saya tidak akan berhenti sekarang," katanya.

Saran utama dari Burns terkait panjang umur adalah untuk tetap menjalani hidup sehat dan menikmati hubungan sosial dengan banyak orang. Rekan kerjanya yang lebih muda puluhan tahun itu juga sempat memperkenalkan aplikasi TikTok kepadanya.

Menurutnya, pekerjaan terbaik adalah ketika memiliki rekan kerja yang baik.

"Saya hanya suka berada di sekitar orang lain. Kebanyakan dari mereka sangat ramah," kata Burns.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo