TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gula Darah Tinggi? Ikuti 5 Pola Makan Sehat Alami Ini

Oleh: Mg.1
Minggu, 20 Agustus 2023 | 11:25 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Kadar gula darah yang tinggi dapat memicu risiko penyakit kronis. Melonjaknya kadar gula darah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya pola makan yang buruk.

Jika tidak diatasi, lonjakan gula darah ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, ikutilah pola makan sehat ini agar menurunkan kadar gula darah pada tubuh.

Berikut 5 pola makan sehat untuk menurunkan kadar gula darah:

1. Intermittent Fasting

Selain untuk menurunkan berat badan, diet ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Disarankan, melakukan intermittent fasting dengan mengasup kalori lebih banyak saat sarapan dan makan siang.

Untuk makan malam, juga disarankan untuk dilakukan sebelum pukul 18.00. Bukan tanpa sebab, makan larut malam dinilai dapat memperburuk regulasi gula darah setelah makan.

2. Protein untuk Sarapan

Peneliti menemukan bahwa orang yang memakan sarapan berprotein tinggi, memiliki kadar gula darah yang rendah dibandingkan dengan mereka yang sarapan protein rendah.

Selain itu, para peneliti juga menyarankan agar mengonsumsi protein nabati yang memiliki risiko lebih rendah mengembangkan resistensi insulin.

3. Memakan Karbohidrat Terakhir

Urutan makan ternyata juga mempengaruhi kadar gula darah, peneliti menemukan bahwa kadar gula darah secara signifikan lebih rendah ketika karbohidrat dikonsumsi di akhir makan daripada di awal. 

Urutan makan yang disarankan penelitian dimulai dari makan makanan yang tinggi air dan kaya serat seperti sayuran, kemudian makan berprotein tinggi, lemak, dan diakhiri dengan karbohidrat.

4. Konsumsi Makanan Fermentasi

Selain mendukung kesehatan pencernaan, makanan dan minuman fermentasi juga dapat memperlambat penyerapan karbohidrat yang akhirnya menurunkan kadar gula darah.

Makanan fermentasi yang bisa dikonsumsi adalah kefir, kombucha, tempe, natto, kimchi, miso, dan masih banyak lagi.

5. Konsumsi Alpukat

Alpukat dikemas dengan lemak baik, vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Manfaat mengonsumsi alpukat, salah satunya dapat mengatur kadar gula darah. Selain itu, alpukat juga dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan risiko diabetes.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo