TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Uji Emisi Hari Kedua, 4 Kendaraan Pegawai Pemkot Tangsel Tak Lolos Pengujian

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 29 Agustus 2023 | 18:53 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT -  Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyatakan ada sebanyak empat unit kendaraan pegawai atau aparatur sipil negara (ASN) tak lolos uji emisi. 

Hal tersebut didapati dari uji emisi hari kedua di Puspemkot Tangsel, Selasa (29/8/2023). 

Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor pada Dishub Kota Tangsel, Heris Cahya Kusuma mengatakan, pada hari kedua ini terdapat peningkatan jumlah kendaraan yang diuji gas buangnya. 

"Hari ini, jumlah kendaraan yang diuji 105 unit. Yang lolos uji ada 101 unit, dan tidak lolos 4 unit. Terdiri dari 3 unit kendaraan bahan bakar bensin, dan 1 unit kendaraan bahan bakar solar," papar Heris. 

Ia pun menegaskan, keempat kendaraan yang tak lolos uji emisi ini harus melakukan servis berkala secara rutin. Supaya gas buang kendaraan dapat kembali normal, sehingga tak menyumbang terhadap polusi udara. 

"Kalau sanksi kita belum terapkan, yang jelas kita kasih keterangan tidak lolos uji emisi dan ke depannya yang mempunyai kendaraan tersebut harus servis berkala secara rutin," kata Heris. 

Antusias pengujian emisi kali ini, kata Heris, diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat.

"Karena kan kendaraan yang dipakai sekarang kan diminta wajib untuk uji emisi. Jadi kita sebagai aparatur sipil negara (ASN) diharapkan bisa memberikan contoh kepada masyarakat bahwa ASN aja uji emisi. Biar ke depannya masyarakat lain bisa melaksanakan uji emisi. Kalau untuk biayanya, sesuai dengan Perwal 70/2022 terkait retribusi, itu dikenakan biaya Rp25 ribu," paparnya. 

Heris mengatakan, Uji emisi bagi pegawai Pemkot Tangsel tak berhenti di sini. Pengujian akan berlanjut di Kawasan Perkantoran Setu, dan Cilenggang. 

"Pada 5-6 September 2023 akan dilaksanakan di kawasan Perkantoran Setu. Kemudian pada Selasa (12/9/2023) akan dilaksanakan Lapangan Cilenggang, Serpong, Tangsel," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo