TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

KPU Gencar Sosialisasi Ke Sekolah

Pemilih Pemula Gen Z Ada 219.487, Milenial 356.219 Orang

Laporan: Idral Mahdi
Senin, 25 September 2023 | 07:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Jumlah pemilih pemula di Kota Tangsel cukup tinggi. Dibutuhkan sosialisasi yang gencar terhadap pada pemilih pemula tersebut untuk sadar akan pejtingnya memberikan suaranya pada Pemilu 2024 mendatang.

Dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Tangsel untuk Pemilu 2024, terdapat sebanyak 1.022.237 pemilih. Dari generasi Z mencapai 219.487 pemilih dan generasi milenial 356.219 pemilih.

"Ini yang sudah pleno ya. Jadi pemilih yang benar-benar baru dan belum pernah datang ke TPS (tempat pemilihan suara) memang banyak," ujar Heni Lestari, komisioner KPU Tangsel Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Ia menerangkan, sosialisasi Pemilu ke generasi tersebut sangat penting, karena pemilih pemula belum tahu banyak terkait Pemilu.

 “Ini menjad sangat penting, karena memang banyak dari pemilih pemula ini yang tidak mengetahui Pemilu ini,” ungkapnya.

 Hal itu ditemukan pihaknya saat kunjungan ke sekolah-sekolah dalam rangka sosialisasi. “Anak-anak sekolah yang memang sudah masuk ke dalam katagori pemilih ini, juga banyak yang kurang paham,” jelasnya.

 Meski begitu, kata Heni, pemilih pemula cukup antusias dan penasaran terkait Pemilu. Sehingga, menurutnya, dengan terus diberikan edukasi, akan semakin tinggi minatnya untuk datang ke TPS.

"Saat kami datang sosialisasi ke sekolah, banyak pertanyaan terkait jumlah parpol, calon yang ikut, dapil, pengecekan DPT," katanya.

Dia mengatakan, bahwa tidak hanya sekadar memberikan sosialisasi terkait pentingnya bagi pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya. Namun juga akan mendata kembali pemilih pemula yang belum terdaftar di DPT.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo