TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Mudahkan Masyarakat Bayar Tagihan Listrik

PLN Dan BRI Kolaborasi Siapin Layanan Paylater

Oleh: Farhan
Rabu, 27 September 2023 | 12:43 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN terus berupaya meningkatkan layanan. Teranyar, perusahaan setrum pelat merah itu, tengah menyiapkan metode pembayaran paylater untuk memudahkan pelanggan membayar tagihan listrik.

Pengembangan itu dilaku­kan PLN dengan menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI).

Peneliti Center of Digital Economy and SMEs Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan, di tengah era digital saat ini, pembelian listrik sudah bisa dibayar dengan berbagai chan­nel atau metode pembayaran.

“Sekarang sudah ada banyak pilihan pembayaran, seperti e-wallet (dompet digital), transfer, termasuk paylater,” ujar Nailul ke­pada Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group), kemarin.

Nailul mengakui, sistem pem­bayaran paylater tengah digan­drungi masyarakat, khususnya generasi muda.

Dengan kemudahan tersebut, diharapkan masyarakat dapat tetap memenuhi kebutuhan lis­trik sekaligus mampu mengelola keuangan dengan lebih baik.

Ia menyambut positif kerja sama yang dilakukan PLN dengan BRI.

Sebab, selama pemberian pay­later dan proses assessment pay­later diterapkan secara baik dan benar, maka dia yakin, sistem pembayaran ini tidak akan men­jadi masalah di kemudian hari.

“Artinya, PLN dan BRI bisa memeriksa atau melihat kemam­puan bayar dari si pemegang akun. Jangan sampai, orang yang telat bayar listrik mendapatkan fasilitas paylater,” ungkapnya.

Sebab, hal itu dikhawatirkan akan merugikan kedua belah pihak. Sehingga layanan pembayaran melalui paylater, sebaiknya tak hanya mengedepankan kemudahan, tetapi juga kehati-hatian.

“Jangan sampai, di kemudian hari layanan ini malah merugikan PLN dan pihak pemberi pinjaman paylater-nya,” warning Nailul.

meyakini, kedua perusa­haan ini bisa meng-grab pangsa pasar di layanan paylater karena potensinya yang sangat besar, seiring dengan estimasi transaksi yang diperkirakan terus tumbuh.

“Integrasi ekosistem digital seperti ini, memang harus terus diperluas,” imbaunya. 

Sebagai informasi, layanan pembayaran listrik PLN dengan skema paylater selama ini sudah lama dilakukan di e-commerce, seperti Shopee.

Terpisah, Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti mengatakan, sebagai perusa­haan yang diberikan amanah di bidang setrum, pihaknya tak hanya memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Tetapi memberikan kemudahan kepada masyarakat, dengan memberikan skema-skema terbaik dalam melakukan pem­bayaran rekening listrik. Hal ini dapat dicapai dengan menjalin kolaborasi dengan perusahaan penyedia layanan perbankan, misalnya BRI.

Karena itu, sinergi kedua pe­rusahaan pelat merah ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU/Memoran­dum of Understanding), terkait penyediaan layanan perbankan dan fasilitas pembiayaan untuk pembayaran rekening listrik, pada Rabu (20/9).

”Dengan banyaknya channel (pembayaran), kami bisa promo­si lebih gencar supaya pelanggan PLN bisa memanfaatkan fasili­tas itu,” ujar Edi melalui siaran pers, Jumat (22/9).

Ia berharap, langkah serupa bisa diikuti oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) lain­nya. Terlebih di era digital saat ini adalah eranya kolaborasi.

Dengan banyaknya opsi chan­nel pembayaran yang tersedia, kata dia, maka akan memudah­kan transaksi yang akan dilaku­kan pelanggan.

”Channel pembayaran perlu diperbanyak, agar pelanggan kami di remote area, dapat dengan mudah bertransaksi, karena adanya BRI di aplikasi PLN Mobile,” katanya.

Ia menambahkan, selain kerja sama layanan perbankan untuk pembayaran rekening ini, keduanya melakukan penandatanganan MoU antara anak usaha PLN, yaitu PLN Icon Plus dan Bank Raya, bagian dari BRI Group, untuk pembiayaan transaksi online bagi pelaku indus­tri dan bisnis.

“Melalui produk Pinang Mak­sima milik Bank Raya ini, PLN kian memudahkan para pelaku industri dan bisnis dalam me­nikmati fasilitas kelistrikan, dengan memberikan skema-skema terbaik dalam melakukan transaksi,” bebernya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani meyakini, kerja sama antara BUMN ini mampu mem­berikan manfaat yang lebih bagi masyarakat.

“Ini dua konglomerasi besar. Kami janji dari sebuah inisiatif bersama ini bisa memberikan layanan terbaik kepada pelang­gan PLN dan nasabah BRI,” ucap Handayani.

Ia optimistis, kerja sama ini mampu memberikan mutual benefit, serta menghasilkan berbagai inovasi baru dalam melayani masyarakat.

”Mungkin, ini yang pertama kalinya skema buy now pay later dan juga enterprise financing (di sektor kelistrikan) di­lakukan,” tukasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo