TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

BMX Sumbang Medali Emas Di Asian Games

Oleh: Mg.1
Senin, 02 Oktober 2023 | 07:48 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CHINA - Kontingen Indonesia kembali menambah pundi-pundi medali emas di Asian Games 2023 Hangzhou, China. Kali ini, medali emas disumbangkan Amellya Nur Sifa yang tampil di nomor BMX putri.

Sifa berhasil jadi yang terbaik di nomor Women's Individual yang berlangsung di Chun'an Jieshou Sports Centre BMX Sourse, China, kemarin. Di no­mor yang sama, Indonesia juga meraih medali perunggu lewat Jasmine Azzahra Setyobudi.

Di laga final, Sifa mendapat­kan 3 poin di run pertama usai mencatatkan waktu 44,065 de­tik, 2 poin di run kedua dengan 43,290 detik juga 1 poin tam­bahan di run terakhir dengan 43,918 detik. Sifa berhasil mengalahkan wakil tuan rumah, Gu Quanquan yang menempati peringkat kedua dan berhak atas medali perak. Guanquan men­catatkan waktu 42,483 detik dan mendapatkan 1 poin di run per­tama, 2 poin di run kedua dengan 41,827 detik serta empat poin di run ketiga dengan 44,964 detik.

Medail perunggu direbut Jas­mine Azzahra Setyobudi dengan catatan waktu 45,244 detik di run pertama dan meraih 4 poin, lalu 43,551 detik di run kedua (3 poin) juga 2 poin di run terakhir lewat catatan waktu 43,958 detik.

“Memang tadi kita melihat bahwa persaingan di putri cu­kup ketat, di mana dua pebalap Tiongkok dan dua pebalap In­donesia saling berdekatan poin. Di final moto 3 kami memper­siapkan strategi yang cukup matang,” kata Kepala Pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia, Dadang Haris Poernomo dalam keterangannya.

Menurut Dadang, China mengincar medali emas dan perak di nomor BMX putri ini. Tapi, strategi itu sudah dibaca tim pelatih untuk bisa mengurungkan ambisi tuan rumah tersebut.

Kita tidak mau kalah dan diam. Kita atur strategi Sifa dan Jasmin untuk supaya di tempatkan di gate yang tepat untuk menghadapi dua pebalap Tiongkok. Dan betul, Alhamdu­lillah Jasmin dan Sifa bisa men­jalankan perintah dengan baik dan selama perlombaan mereka tidak ada kendala, cukup lancar semuaya dilalui dengan baik," kata Dadang.

“Semua obstacle dihadapi dengan sangat bagus dan ternya­ta strategi ini bisa menghambat laju Tiongkok untuk mendapat­kan medali emas dan perak,” tambahnya.

Tambahan satu medali emas dan satu perunggu dari BMX ini memperbaiki raihan yang dicapai pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Saat itu, Tim Indonesia meraih satu perak dari I Gusti Bagus Saputra dan satu perunggu dari Wiji Lestari melalui disiplin BMX.

“Terima kasih atas semua dukungan dan suport yang be­gitu banyak dari Ketua Umum kami, Jendral Polisi Listyo Sigit yang selma ini begitu banyak memberikan spirit ke­pada kami dan tim balap sepeda Indonesia. Alhamdulillah kita bisa memperbaiki prestasi yang diraih di Asian Games 2018 melalui pebalap muda kita,” kata Dadang.

Dalam prolehan medali, In­donesia sementara berada di peringkat ke13 klasemen perole­han medali lewat capaian 4 medali emas, 3 perak dan 11 perunggu.

Komentar:
Berita Lainnya
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo