TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Wali Kota Ingatkan Warga Bersih-bersih Lingkungan

Musim Hujan Datang, Banjir Mengintai

Laporan: Idral Mahdi
Rabu, 15 November 2023 | 07:55 WIB
Walikota Tangsel Benyamin Davnie tengah menyiapkan pasukan BPBD Kota Tangsel, untuk persiapan menghadapi musim hujan.(dra)
Walikota Tangsel Benyamin Davnie tengah menyiapkan pasukan BPBD Kota Tangsel, untuk persiapan menghadapi musim hujan.(dra)

SERPONG-Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai memasuki musim hujan. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel pun sudah bersiap-siap mengantisipasi potensi banjir.

 Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, pihaknya telah meminta seluruh jajaran aparat hingga tingkat kewilayahan seperti RT dan RW untuk selalu siap mengantisipasi terjadinya bencana dampak pancaroba tersebut.

 “Camat, lurah, dan para pengurus RT/RW, agar bersama-sama mengantisipasinya. Bisa dilakukan kegiatan bersih-bersih saluran air,” kata Benyamin Davnie.

 Dikatakan Benyamin, potensi bencana saat peralihan dari musim kemarau ke musim hujan di wilayah Tangsel harus diantisipasi sejak dini.

 Menurutnya, musim penghujan pada tahun 2023 ini mengalami kemunduran. Hal ini, pernah juga terjadi pada tahun 2019 saat keterlambatan musim hujan.

 “Dampak ikutannya adalah banjir besar saat memasuki tahun 2020. Maka itu, seluruh jajaran harus mengantisipasi masalah ini,” ujarnya.

 Dirinya juga mengingatkan kepada dinas terkait agar terus siaga dalam menanggulangi bencana yang datangnya tidak bisa diprediksi.

 Maka dari itu, perlu ada koordinasi dan kolaborasi yang baik dalam proses pengurangan risiko bencana di Tangerang Selatan. Karena pada hakikatnya bencana adalah urusan bersama untuk kemanusiaan.

 “Jadi, kita harus selalu waspada dan siap sedia. Sebab hanya dengan kesiapsiagaan dan kerja sama yang baik, kita dapat meminimalkan dampak bencana yang mungkin terjadi,” paparnya.

 Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangsel, Sutang mengatakan, BPBD Tangsel telah menggelar pasukan sebagai titik awal kesiapan penanganan bencana.

 “Kami gelar pasukan untuk memastikan kekuatan dalam menangani bencana di Tangerang Selatan. Sampai kini, BPBD masih mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang terdampak fenomena El Nino, kemarau panjang, dan kekeringan,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo