TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Harus Bisa Ekspor Gagasan

Anies: Sudah Waktunya Indonesia Jadi Pelaku Aktif Kebijakan Dunia

Oleh: Farhan
Sabtu, 02 Desember 2023 | 15:59 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menegaskan, sudah saatnya Indonesia menjadi pelaku aktif kebijakan dunia. Tak sekadar menjadi pengikut dalam menentukan kebijakan-kebijakan internasional, yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Anies pun menyinggung Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika Bandung Tahun 1955, yang sukses membuat nama Indonesia dipertimbangkan dunia.

Spirit of Bandung dalam Konferensi Asia-Afrika, menjadi bukti bahwa Indonesia mampu menginspirasi dunia," kata Anies dalam acara Conference On Indonesian Foreign Policy 2023 yang digelar Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (2/12/2023).

Anies yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan, Indonesia harus mampu mengekspor gagasan, yang bisa memberdayakan politik global. Karena itu, menurutnya, pemerintah harus memiliki pegangan nilai yang dapat menjadi kompas atau penunjuk arah. Seperti privasi hidup manusia, integritas teritorial, dan keadilan.

"Semua itu dapat menjadi pegangan, selain Pancasila. Pengalaman sukses Indonesia yang pernah menjadi inspirasi dunia, juga bisa menjadi rujukan," tutur Anies.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo