TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pria di Tangerang Mengidap Limfedema-Obesitas, BB-nya 230 Kg

Laporan: Gema
Rabu, 10 Januari 2024 | 11:55 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG - Seorang pria bernama Engky (34) di Kabupaten Tangerang, mengidap limfedema, di mana kakinya terus membesar hingga mencapai berat 50 kilogram. Pria tersebut juga memiliki bobot tubuh ekstrem yang mencapai 230 kg.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayan Publik, dr Siti Nadia Tarmizi, menjelaskan bahwa pihak pemerintah akan membuka kemungkinan agar pria tersebut masuk ke dalam Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Sebab, pria yang sudah berjuang bertahun-tahun untuk pulih tersebut, mengaku butuh bantuan biaya pengobatan.

"Ini tentunya untuk pembiayaan kesehatan bisa dibantu dengan mekanisme BPJS selama memenuhi kriteria PBI," kata Nadia, Selasa (9/1) kemarin.

Peserta PBI BPJS Kesehatan, dipastikan akan mendapatkan bantuan perawatan hingga pulih. Namun, terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi peserta.

Sementara untuk biiaya lain yang berada di luar tanggungan PBI BPJS, dapat di-cover oleh bantuan pemerintah daerah setempat.

"Biaya lainnya mungkin bisa dibantu biaya dari dinas sosial atau pemerintah daerah setempat ya, menjadi tugas pemda setempat melalui mekanisme yang ada," jelasnya.

Sebagai informasi, limfedema terjadi akibat adanya pembengkakan jaringan imbas akumulasi cairan kaya protein yang umumnya dialirkan melalui sistem limfatik tubuh. Jika sudah parah, bisa berdampak pada fungsi pergerakan anggota tubuh yang terkena.

Saat ini, pria tersebut sudah menjalani pengobatan di ICU RSUD Kabupaten Tangerang.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo