TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Minum Kopi Dapat Berdampak Buruk bagi Kesehatan, Hindari 5 Kesalahan Ini!

Laporan: Gema
Rabu, 17 Januari 2024 | 11:45 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Kebiasaan minum kopi memang dapat memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun jangan lupa, meminum kopi dengan cara yang salah juga bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Kesalahan yang biasanya terjadi adalah terlalu banyak mengandung kafein, atau juga menggunakan biji kopi yang salah.

Jika dikonsumsi dengan tepat, kopi dapat membuat tubuh lebih sehat lantaran kandungan zat antioksidan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan juga sebagai asupan energi.

Di satu sisi, kopi dapat mendatangkan berbagai masalah kesehatan apabila dikonsumsi dengan cara yang salah.

Berikut kesalahan dalam meminum kopi yang berdampak buruk bagi kesehatan:

1. Melebihi Batas Maksimal

Kandungan kafein pada kopi yang mengandung manfaat, ternyata juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti sulit tidur, hipertensi, hingga masalah jantung. Hal ini terjadi akibat konsumsi kafein yang berlebih. 

Disarankan, batasi konsumsi kafein harian Anda, dengan maksimal 3 sampai 4 cangkir kopi per hari.

2. Asupan Air Putih Tidak Tercukupi

Setelah meminum kopi, tubuh kemungkinan akan memproduksi urin lebih banyak yang dapat menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu, dianjurkan untuk mengonsumsi air putih yang cukup setelah meminum kopi.

Seperti diketahui, kekurangan air putih atau dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kelelahan, sakit kepala, sampai gangguan fungsi kognitif.

3. Meminum Kopi Sebelum Tidur

Meminum kopi sebelum tidur bukan ide yang baik, lantaran kopi dapat mengganggu kualitas tidur. Hal ini bisa membuat Anda menjadi sakit kepala, mengalami kecemasan, hingga perubahan suasana hati.

4. Pemilihan Biji Kopi yang Salah

Jika ingin kopi yang Anda racik enak, pilih biji kopi yang fisiknya sempurna dan jangan lupa cek tanggal kapan biji kopi tersebut di-roasting. Biji kopi yang tanggal roasting-nya sudah terlalu lama, ternyata juga tak baik untuk kesehatan.

5. Memakai Gula

Gula pada kopi, dapat meningkatkan jumlah kalori. Sehingga, mengonsumsi kopi dengan tambahan gula dapat menyebabkan penumpukan lemak yang lebih banyak dan menyebabkan diabetes, serta meningkatkan risiko penyakit jantung.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo