TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Komunitas Tiba-tiba Buku Ciputat Bahas Buku Irama Orang-orang Menolak Kalah

Oleh: Mg.Anwar
Minggu, 21 Januari 2024 | 09:45 WIB
Foto : Mg.Anwar
Foto : Mg.Anwar

CIPUTAT - Komunitas Tiba-tiba Buku, membahas buku berjudul “Irama Orang-orang Menolak Kalah: Dangdut Koplo, Politik, dan Kemapanan” dalam diskusi yang digelar di Warkop Tenda Biru, Ciputat, Minggu (20/1/2024).

Kegiatan diskusi yang digelar pun berlangsung sangat menarik dan seru, dengan tema pembahasan seputar musik dangdut di era tahun 70-an. Buku yang menjadi pembahasan itu pun merupakan karya penelitian dari Irfan R Darajat.

Teguh Saputro, pembawa acara diskusi, pada kesempatan tersebut menceritakan awal mula dangdut mulai populer didengarkan di Tanah Air.

"Kepopuleran dangdut ditandai dengan kehadiran Rhoma Irama di tahun 70-an dengan Om Soneta sebagai tokoh sentralnya," kata Teguh.

Kehadiran Rhoma Irama di dunia musik Indonesia pun berhasil mengenalkan dangdut ke masyarakat luas.

"Rhoma Irama dengan dangdut dakwahnya, berhasil mendorong musik dangdut yang sebelumnya sidestream menjadi mainstream," ucapnya.

Sementara itu di sekitar tahun 2000, pernah terjadi perseteruan antara musisi dangdut Tanah Air yakni Rhoma Irama dan Inul Daratista. Menurut Rhoma, penampilan yang dibawakan Inul tidak memberikan contoh yang baik.

"Yang diributkan Rhoma Irama itu menolak cara inul menyanyikan lagu dangdut. Itu merusak moralitas," ujarnya.

Sebagai informasi, Komunitas Tiba-tiba Buku merupakan komunitas yang fokus membahas buku dari beberapa genre seperti novel, cerpen, dan lain sebagainya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo