TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Ditutup Malam ini Pukul 23.59

Ingat, Tak Ada Perpanjangan Pendaftaran Parpol Di KPU

Laporan: AY
Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:57 WIB
Gedung KPU. Foto : Istimewa
Gedung KPU. Foto : Istimewa

JAKARTA - Anggota KPU Idham Kholik menegaskan, tidak ada perpanjangan masa pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024. KPU memberikan kesempatan parpol untuk daftar sampai pukul 23.59 malam ini. Setelah itu, pendaftaran akan ditutup.
"Kami sudah tegaskan di beberapa penjelasan kami kepada publik. Kami sampaikan manfaatkan waktu yang tersedia untuk melengkapi dokumen, karena masa pendaftaran tidak diperpanjang," kata Idham, di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (14/8), seperti dikutip Antara.
Idham menjelaskan, KPU akan mengakumulasi dokumen pendaftar Senin (15/8) dini hari. Jika hingga Minggu (14/8) pukul 23.59 WIB dokumen partai yang diunggah ke Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) tidak lengkap, proses pendaftaran partai tersebut tidak bisa dilanjutkan.

Partai yang dokumennya tidak lengkap hingga 23.59 WIB akan dinyatakan tidak mendaftar untuk menjadi calon peserta Pemilu 2024. "Bagi mereka yang membawa dokumen lengkap sebelum pukul 23.59 WIB, kami akan cek itu. Apabila betul-betul dipastikan lengkap, kami terbitkan tanda terima pendaftaran walaupun itu melampaui pukul 23.59 WIB," tambahnya.

Hingga Sabtu (13/8), KPU mencatat terdapat 10 partai politik yang berkas persyaratan pendaftarannya belum lengkap. Dari 10 partai tersebut, dua di antaranya telah melengkapi dengan datang ke Gedung KPU, Minggu, pukul 08.00 dan 10.00 WIB.
"Kedua partai telah datang kembali ke KPU, dan setelah kami cek dokumennya di Sipol, sudah 100 persen. Saat ini masih dalam pemeriksaan berkas. Partai tersebut adalah partai Republiku Indonesia dan Parsindo," terangnya.

Sementara itu, masih ada satu partai lagi yang menginformasikan akan datang untuk melengkapi berkas, yaitu Partai Pelita. "Kami masih menunggu hasilnya. Jadi, dari 10 itu, tiga datang kembali ke KPU, tapi yang dua sudah kami cek di Sipol-nya 100 persen dan saat ini kami sedang cek lagi," tuturnya.
Tujuh partai politik lain yang belum melengkapi berkas persyaratan pendaftaran calon peserta Pemilu 2024 hingga Minggu siang adalah Partai Reformasi, Pandai, Partai Demokrasi Rakyat Indonesia, Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Berkarya, Partai Indonesia Bangkit Bersatu, dan Partai Kongres.
Sementara itu, terdapat 10 partai yang akan mendaftar ke KPU di hari terakhir, yaitu Partai Pemersatu Bangsa, Partai Karya Republik, Partai Pandu Bangsa, Partai Bhinneka Indonesia, Partai Masyumi, Partai Perkasa (Partai Pergerakan Kebangkitan Desa), Partai Damai Kasih Bangsa, Partai Republik Satu, Partai Kedaulatan, dan Partai Rakyat. (AY/US/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo