TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi: IKN Akan Menjadi Ibu Kota Negara Terhijau Sedunia

Laporan: AY
Selasa, 04 Juni 2024 | 12:00 WIB
Perumahan Menteri di IKN. Foto : Ist
Perumahan Menteri di IKN. Foto : Ist

KALTIM - Presiden Jokowi mengungkapkan rencana besar Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai contoh konkret dari visi kota hijau dunia. Menurutnya, IKN Nusantara akan menjadi ibu kota terhijau di dunia dengan konsep 'Kota Nusantara Rimba' yang benar-benar hijau. 

"Jika kita konsisten dengan konsep awal pembangunan Ibu Kota Nusantara, kota ini akan menjadi ibu kota yang sangat hijau, ramah lingkungan, dan layak huni," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Rakernas ke-17 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024). 

Dalam pidatonya, Jokowi menekankan agar setiap kota di Indonesia memiliki perencanaan yang jelas dan konsisten untuk mengoptimalkan keunggulan masing-masing kota dan memastikan kelayakan huni yang tinggi.

Menurut Jokowi konsep kota masa depan harus mengutamakan ramah lingkungan, dan menyediakan ruang terbuka hijau yang memadai.

Kota yang baik adalah kota yang ramah terhadap pejalan kaki, penyandang disabilitas, pesepeda, serta anak dan perempuan,” ujarnya. 

Jokowi juga menggarisbawahi pentingnya trotoar yang teduh dan hijau untuk meningkatkan kenyamanan pejalan kaki di negara tropis seperti Indonesia.

Mantan Walikota Solo itu mengingatkan, pembangunan yang hanya berfokus pada beton dan gedung pencakar langit bukanlah arah yang diinginkan untuk kota masa depan. “Konsep kota masa depan adalah Green City, Smart City, Creative City, Liveable, dan Lovable,” tambahnya.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Investasi, Panglima TNI, dan sejumlah gubernur serta wali kota dari seluruh Indonesia. 

Selain membuka Rakernas Apeksi, dalam kunjungan tersebut Jokowi meresmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda dan Pusat Pengolahan Sampah Manggar di Balikpapan. Kedua proyek tersebut diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas hidup dan keberlanjutan lingkungan di wilayah Kalimantan Timur.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo