TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Beras Untuk Rakyat Kecil

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 15 Juni 2024 | 10:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Di negeri ini, beras tak boleh langka. Di negeri ini, harga beras harus selalu terjangkau rakyat kecil. Di negeri ini, tak boleh ada yang tak punya beras. Tak boleh ada yang kelaparan.

Untuk itu, suplai beras ke pasar rakyat dan pasar tradisional mesti diusahakan berlebih. Begitu ada tanda-tanda, suplai menurun, cepat gelontorkan beras ke pasar.

Upaya membanjiri pasar adalah cara paling efektif untuk mencegah naiknya harga beras. Di samping itu, kalau suplai berlebih, spekulan tak bisa berkutik.

Menurut catatan, stok beras di gudang Bulog saat ini masih berada di level aman, yakni 1,8 juta ton. Tahun ini, Indonesia berencana mengimpor 3,6 juta ton beras. Dari rencana impor tersebut, sudah masuk 2 juta ton.

Kita berharap, impor beras dilaku­kan Bulog, tanpa melibatkan swasta, pedagang atau makelar. Ini penting, untuk mencegah kemungkinan ter­jadinya kongkalikong.

Kita juga berharap, Bulog lebih aktif menyerap beras petani saat panen raya. Beras dari petani itu bisa menambah stok Bulog.

Musim kemarau tahun ini dira­malkan lebih panjang dan lebih kering dari tahun 2023. Oleh karena itu, meski upaya memacu produksi terus dilakukan dengan memberikan benih padi unggul dan pupuk subsidi kepada petani, stok beras di gudang Bulog tak boleh kurang dari 1,8 juta ton. Bahkan, untuk jaga-jaga, mesti dinaikkan ke angka 2 juta ton.

Kalau stok di gudang berlebih, Bulog bisa lebih leluasa memban­jiri pasar ketika muncul tanda-tanda persediaan beras di pasar rakyat dan pasar tradisional menipis.

Menjelang Idul Adha, kita ber­harap, tak terjadi kenaikan harga beras. Menjelang Idul Adha, kita berharap, rakyat di semua lapisan, punya beras. Untuk itu, stok be­ras di pasar mesti ditambah. Kalau perlu hari ini (Sabtu, 15/6) dan besok (Minggu, 16/6), Bulog melakukan operasi pasar di perkampungan padat penduduk.

Operasi pasar itu sangat membantu orang-orang di lapisan paling bawah, yang uangnya pas-pasan. Sedangkan untuk mereka yang sudah tak punya uang lagi, pemerintah perlu memberikan bansos beras.

Kita berharap, Bulog terus me­monitor pasar induk beras di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Medan. Begitu ada tanda-tanda harga beras naik, cepat tambah pasokan.

Supaya, harga beras di pasar rakyat dan pasar tradisional stabil. Pihak Kemendag, bupati dan walikota harus memonitor pasar. Begitu stok beras di pasar berkurang, cepat minta bantuan Bulog untuk membanjiri pasar.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo