TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

4 Bulan Lagi Bertugas, Para Menteri Tetap Kompak Dan Solid

Laporan: AY
Selasa, 18 Juni 2024 | 08:10 WIB
Menteri PMK Muhadjir Effendy memberikan keterangan pers. Foto : Ist
Menteri PMK Muhadjir Effendy memberikan keterangan pers. Foto : Ist

JAKARTA - Empat bulan lagi, pemerintahan Jokowi- Ma’ruf Amin bakal selesai. Meski begitu, para menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM) tetap fokus kerja menuntaskan program-program yang sudah dicanangkan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy kepada wartawan, usai melaksanakan Salat Idul Adha, di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Senin (17/6/2024).

“Biasa saja, pokoknya kerja fokus, berkoordinasi dengan baik,” kata Muhadjir.

Menurut dia, transisi pemerintahan dari Presiden Jokowi ke Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah beberapa kali dibahas. Sehingga, dia yakin, seluruh menteri dapat memahami. Transisi ini juga termasuk soal anggaran yang dibahas di Badan Anggaran (Banggar) DPR.

Selain itu, Muhadjir juga menuturkan, sejauh ini tidak ada tantangan yang berarti dari transisi pemerintahan Jokowi ke Prabowo. “Nggak ada, smooth kok,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Soal pemerintahan baru nanti seperti apa, Muhadjir enggan berspekulasi. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo. “Saya tidak memiliki kapasitas untuk menjelaskan itu, saya kira itu langsung kepada presiden terpilih, Pak Prabowo,” tutupnya.

Senada dikatakan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Dia memastikan, kabinet tetap solid hingga akhir pemerintahan pada Oktober 2024. Menurut Airlangga, semua menteri dan pimpinan lembaga berkomitmen mengawal pemerintahan Jokowi hingga akhir.

“Saya rasa, kalau kabinet sih solid,” ujar Airlangga, usai melaksanakan salat Idul Adha, di kantor DPP Golkar, Jakarta, Senin (17/6/2024).

Airlangga mengatakan, pihaknya juga fokus merealisasikan dan menuntaskan program-program pemerintahan Jokowi-Ma’ruf dalam waktu pemerintahan yang tersisa. “Sesuai dengan amanah mengawal Pak Presiden dan Pak Ma’ruf Amin, terutama pada program-program pembangunannya,” tukas Ketua Umum Partai Golkar itu.

Istana dalam berbagai kesempatan juga menegaskan, kabinet tetap solid. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, koordinasi dan kekompakan antar menteri terus terjaga dengan digelarnya rapat-rapat tingkat menteri yang dipimpin oleh para menteri koordinator.

Rapat koordinasi tingkat menteri itu, menurut Ari, menunjukkan konsolidasi di internal pemerintahan tetap berjalan, kompak, dan solid sesuai dengan arahan Presiden.

Untuk diketahui, Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan berakhir dengan dilantiknya Presiden terpilih dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024. Dengan berakhirnya pemerintahan Jokowi-Ma’ruf maka berakhir juga kabinetnya.

Direktur Eksekutif Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC), Dimas Oky Nugroho menilai, apa yang dikatakan Muhadjir tepat. Dimas bilang, di bawah kepemimpinan Jokowi, kabinet tetap solid. “Karena memiliki kepemimpinan yang jelas,” kata Dimas, saat dihubungi Redaksi, Senin (17/6/2024).

Menurut Dimas, Jokowi konsisten ketika mengarahkan para pembantunya untuk menjalankan program-program pemerintahan.

Hingga hari ini, kata dia, para menteri terlihat fokus menjalankan tugasnya masing-masing.

“Terpenting adalah komunikasi dan menjaga stabilitas politik secara nasional,” ujarnya.

Dia berpesan kepada para menteri untuk menyelesaikan tugasnya sampai akhir. Pasalnya, kesuksesan para menteri menjalankan kerja akan menjadi catatan positif.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo