TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Resmi Luncurkan Perizinan Untuk Mempermudah Konser International

Laporan: AY
Senin, 24 Juni 2024 | 11:57 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Presiden Jokowi resmi meluncurkan layanan perizinan untuk mempermudah operator dalam menyelenggarakan event internasional. Peluncuran itu dilakukan The Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2024). Jokowi berharap terobosan ini dapat mendukung upaya Pemerintah mendatangkan wisatawan mancanegara dalam jumlah besar, melalui penyelenggaraan event-event internasional.

Presiden menjelaskan peran penting penyelenggaraan event-event internasional untuk menarik wisatawan mancanegara. Mulai dari konser musik hingga ajang olahraga. Kepala Negara lalu mencontohkan konser Taylor Swift di Singapura yang dihadiri banyak penggemar dari Indonesia.

Hal ini, diakui Jokowi, menimbulkan kerugian untuk Indonesia. Sebaliknya, Singapura mendapat keuntungan dari animo masyarakat Indonesia untuk menyaksikan grup musik kebanggaan mereka.

"Kehilangan uang bukan hanya untuk membeli tiket, tetapi juga untuk berbagai pengeluaran lainnya," kata Presiden, dalam sambutannya. 

Jokowi kemudian menyoroti betapa pentingnya dukungan Pemerintah dalam mempercepat proses perizinan event. Ia memberi contoh konser Coldplay di Singapura yang mendapat izin untuk beberapa hari tambahan karena permintaan tinggi. Berbanding terbalik dengan Indonesia yang izin konser sering kali terhambat.

"Kita perlu memperbaiki ini agar dapat menyelenggarakan event besar lebih sering dan lebih lama," tegasnya.

Jokowi menekankan pentingnya penyelenggaraan event internasional di Indonesia. Ia menyebut beberapa event besar yang sukses diselenggarakan di Indonesia, seperti World Water Forum dan IMF-World Bank Annual Meeting, yang memberikan dampak ekonomi positif.

"Dengan digitalisasi layanan perizinan ini, kita berharap dapat menyelenggarakan lebih banyak event internasional dengan lebih efisien dan menarik lebih banyak wisatawan," pungkas mantan Wali Kota Solo itu.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo