TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Petugas Pantarlih Mulai Coklit Data Pemilih Pilkada Serentak

Laporan: Idral Mahdi
Selasa, 25 Juni 2024 | 07:30 WIB
Ist.
Ist.

SERPONG-Petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada 2024, hari ini.

Mulainya proses coklit ditandai dengan pelantikan dan pelepasan 3.893 anggota pantarlih dalam giat apel yang dilakukan oleh KPU Tangsel di lapangan Kecamatan Setu, kemarin.

Ketua KPU Tangsel, Muhammad Taufiq MZ mengatakan, proses coklit akan dilakukan mulai hari ini oleh petugas pantarlih di 54 kelurahan yang ada di Kota Tangsel.

“ini bagian penting mulai pemutakhiran data pemilih yang akan dilaksanakan Coklit Serentak di 54 kelurahan, mereka turun untuk mencocokkan data pemilih agar lebih akurat dan konfrehensip,” ungkapnya.

Taufiq mengungkapkan, proses coklit akan berlangsung selama satu bulan seiring dengan lamanya masa kerja para petugas Pantarlih yang dimulai sejak 24 Juni 2024 hingga 25 Juli 2024.

Para petugas Pantarlih akan melakukan pencocokan data masyarakat yang akan dilakukan secara door to door sesuai wilayah tugasnya masing-masing.

“Mereka ada alat kerja, mereka semua juga dibekali identitas, sehingga masyarakat jangan khawatir Terima saja ketika Pantarlih datang ke rumah,” ungkapnya.

Pada proses coklit tahun ini, para petugas Pantarlih akan melakukan pencocokan data yang didapat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 lalu sebanyak 1.052.963.

Dari 1.052.963 data tersebut diantaranya terdiri dari 515.768 data laki-laki dan 537.195 data perempuan.

Data hasil coklit tersebut nantinya akan menjadi dasar KPU Tangsel menetapkan DPT untuk Pilkada 2024 mendatang.

“Coklit atau petugas fungsinya ketika ada penambahan disertai dengan data pendukung ketika ada perubahan yang meninggal disertai dengan data pendukung juga mereka bisa meng MS (memenuhi syarat, red) atau Tidak Memenuhi Syarat sebagai pemilih,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo