TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tembus 1.200 Kasus, Pemkot Tangsel Didorong Terapkan Swakelola Tipe III Dalam Penanggulangan HIV

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 27 Juni 2024 | 20:20 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG -  Wahana Citra Indonesia (WCI) mendorong Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) untuk menerapkan swakelola tipe III dalam hal penanggulan HIV/Aids di wilayahnya. 

Hal tersebut menjadi topik utama dalam diskusi yang digelar di wilayah Serpong, Tangsel, Kamis (27/6/2024). 

Ketua Yayasan Wahana Citra Indonesia, Hadi Irawan memaparkan per Desember 2023, tercatat ada sebanyak 1.200 kasus HIV di wilayah termuda se-Banten ini. 

"Jumlah kasus HIV 1.200 per Desember 2023. Data tersebut dari KPA Tangsel, Komisi Penanggulangan Aids," papar Hadi.

Atas kondisi tersebut, lanjut Hadi, maka diperlukan kolaborasi yang kuat dalam penanggulangannya di Tangsel ini. 

Menurutnya, kolaborasi yang diperlukan bukan hanya sekadar lintas sektor antar dinas terkait. Tetapi juga dengan melibatkan masyarakat.  

"Poinnya bagaimana sih beban yang berat tadi kerja OPD teknis itu bisa berbagi dengan masyarakat sipil," ucap Hadi. 

Ia melanjutkan, kolaborasi ini dapat diwujudkan dengan banyak cara. Salah satunya, yakni dengan penerapan swakelola tipe III.

"Seperti skema yang sudah dilakukan oleh pemerintah pusat, melalui swakelola tipe III. Dan sebenarnya melibatkan kelompok masyarakat baik itu pegiat, yang memang punya dampak lebih masif bekerjanya dan beban pemerintah akan berkurang. Dan ketergantungan kita pada pendanaan dari asing juga akan berkurang," ungkapnya.  

Menurutnya, kolaborasi ini sangat diperlukan. Sebab isu penularan HIV/Aids merupakan persoalan yang tidak main-main. Mulai dari penularan di kalangan kelompok populasi resiko tinggi, hingga kelompok populasi umum. 

"Contohnya kasus pada ibu yang positif. Kasus ibu positif itu banyak kasus yang terjadi pada ibu rumah tangga. Dan itu bisa menulari pada anak kandungnya. Penularan ibu dan anak seharusnya bisa dijawab oleh pemerintah. Harusnya melibatkan semua aspek mulai dari Posyandu, kader perempuan, PKK, dan segala macam. Kalau aspek ini hanya dilakukan oleh dinas kesehatan, maka energi Dinkes akan habis," jelasnya. 

Maka dari itu, lanjut Hadi, WCI mendorong kepada Pemkot Tangsel untuk menerapkan swaskelola tipe III ini dalam rangka penanggulangan HIV di wilayahnya. 

"Harapannya, ini masalah di pemerintahan bagaimana menggerakan seluruh OPD teknis untuk menciptakan kolaborasi yang kuat. Biasanya isu kita adalah ego sektor. Nah ini harus di break, makanya libatkan masyarakat, atau pegiat. Kalau diberi kepercayaan, dia akan berbuat. Kalau pakai swakelola itu lebih baik, lebih transparan," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo