TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Rakernas PAN Ke 4, Posisi Zulhas Aman...

Laporan: AY
Jumat, 28 Juni 2024 | 10:15 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) dijadwalkan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-4 di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Sabtu (29/6/2024). Diprediksi, tak ada perebutan kursi ketua umum. Yang ada, cuma perebutan lokasi Kongres PAN.

Ketua Steering Committee (SC) Viva Yoga Mauladi mengungkapkan, perhelatan kali bakal dihadiri 260 kader secara langsung. Sedangkan 3 ribu kader dari seluruh daerah akan mengikuti secara daring.

Pada Rakernas ke-4 ini akan dibahas sejumlah topik secara intens. Di antaranya, penetapan waktu dan tempat Kongres PAN ke-6. Sebelumnya, Kongres PAN ke-5 digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Wakil Ketua Umum PAN ini meyakini, Zulkifli Hasan (Zulhas) kembali memimpin partai ini. Mayoritas kader masih menghendaki kepemimpinan­nya.

"Apakah Kongres nanti akan dilaksanakan tahun ini atau tahun depan, tunggu hasil Rakernas. Apakah tempatnya di Depok, Banten, Bogor, Medan, Bali, Jambi, Jakarta, atau di Yogja. Memang biasanya kalau di PAN itu, soal lokasi kongres rebutan" kata Viva saat konfe­rensi pers persiapan Rakernas PAN Ke-4 di DPP PAN, Kamis (27/6/2024).

Agenda lain yang akan diba­has adalah penetapan calon gubernur dan wakil gubernur yang telah mendapatkan Surat Ketetapan (SK) DPP PAN. Ada beberapa calon. Di antaranya, Gubernur Jambi, Jawa Timur, Maluku, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bengkulu, dan Papua Tengah.

"Kami akan menetapkan be­berapa calon Gubernur dan Wakil gubernur yang telah mendapatkan SK DPP PAN format B1 KWK," tuturnya.

Selain itu, PAN juga akan membahas beberapa revisi aturan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga AD/ART partai. Tujuannya, PAN ingin membangun proses de­mokrasi di internal sebagai salah satu syarat menjadi partai modern.

Sementara Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno juga yakin, seluruh akar rumput PAN dari tingkat daerah hingga pusat akan menyepakati Kongres PAN Keenam menetapkan Zulhas menjadi Ketua Umum kembali.

"Alhamdulillah, nanti di Rakernas, semua akan sepakat, menyatu, bulat soal agenda Kongres. Yaitu, menetapkan Pak Zulkifli Hasan menjabat Ketua Umum periode 2025-2030," tuturnya.

Wakil Ketua Komisi VII DPR ini menerangkan, Rakernas juga akan membahas hal bersifat strategis dan target-target par­tai.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo