TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pembangunan Jalan Tol Hampir Rampung, q Balikpapan-IKN Cuma 1 Jam

Oleh: Farhan
Rabu, 24 Juli 2024 | 09:16 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

IKN - Jalan tol dari Balikpapan menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hampir rampung. Tol ini ditargerkan bakal difungsikan untuk perayaan HUT Kemerdekaan, 17 Agustus nanti. Dengan adanya tol ini, Balikpapan- IKN akan ditempuh cuma 1 jam saja.

Hal tersebut diungkap Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono saat meninjau pembangunan IKN. Ikut mendampingi Basuki, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, Senin (22/7).

Kata Basuki, progres pembangunan tol akses menuju IKN rata-rata mencapai 86,98 persen dari tiga seksi. Adapun ketiga ruas tol yang ditinjau meliputi seksi 3A, 3B dan 5A.

“Tol ini akan dibuka fungsional untuk mendukung kelancaran peringatan HUT ke-79 RI di IKN Nusantara pada 17 Agustus mendatang,” kata Basuki, dikutip dari akun instagram resmi Kementerian PUPR, Selasa (23/7).

Seksi 3A merupakan rute dari Karangjoang-KKT Kariangau. Ruas tol sepanjang 13,4 kilometer (km) ini, sudah mencapai 81,15 persen. Seksi 3B atau seksi 2, yakni tol KKT Karingau-Simpang Tempadung. Ruas tol ini mencapai 7,3 km telah mencapi 91,53 persen.

Terakhir seksi 5A, yakni jalan tol Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km telah mencapai 88,28 persen. Lebih lanjut, Menteri PUPR menyebut sejauh ini tidak ada hambatan dalam pembangunan tol akses IKN.

Sementara, Danis H. Sumadilaga menjelaskan, tol dari Balikpapan menuju IKN ditargetkan dapat difungsikan pada 17 Agustus 2024. “Kita akan fungsionalkan satu jalur dengan masing-masing tiga lajur dan dua lajur untuk digunakan menuju IKN,” ucapnya.

Jalan tol ini, terang dia, akan mengurangi waktu perjalanan darat dari Balikpapan ke IKN yang sebelumnya memakan waktu dua setengah jam, menjadi satu jam. “Hemat satu setengah jam. Mudah-mudahan pada 17 Agustus itu sudah bisa terealisasi,” harap Danis.

Fungsional jalan tol akses Balikpapan-IKN menambah panjang keberhasilan Pemerintah mengebut pembangunan IKN. Sehari sebelumnya, Bilah Garuda ke 4.650 telah berhasil dipasang. Dengan demikian, kantor Presiden di IKN sudah rampung.

Selain jalan tol dan bilah Garuda yang telah dibangun, Pemerintah juga berencana membangun kawasan ekonomi khusus (KEK) di sekitar kawasan IKN. Menurut Pelaksana tugas (Plt) Sekjen Dewan Nasional KEK Rizal Edwin, pihaknya telah menerima tujuh usulan lokasi KEK. Salah satunya di IKN.

Nantinya, KEK yang dibangun dalam rangka pengembangan ekonomi di kawasan IKN. “Ya, sudah ada (minat KEK di IKN),” sebut Edwin di Kantor KEK, Jakarta, Selasa (23/7/2024).

Dijelaskan Edwin, berdirinya KEK di IKN dapat mendorong pertumbuhan sejumlah industri. “Lewat KEK ada penyediaan energi, kemudian smelter untuk hasil-hasil tambang seperti nikel, bauksit, dan batu bara juga. Itu gunanya untuk menyediakan energi buat IKN,” jelas Edwin.

Ketika ditanya siapa investor dan berapa jumlah investasinya, Edwin belum bisa memastikan. Akan tetapi, tujuh pembangunan KEK baru akan berlokasi di Pulau Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan.

“Ada yang sekitar IKN, ada di Sulawesi, ada di Jawa juga. Namun, masih belum kami sampaikan lebih lanjut,” cetus dia.

Sebelumnya, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko memastikan rencana pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 di IKN masih on-schedule. “Ya, masalah jadwal IKN tetap, tidak ada yang bergeser. Upacara 17 Agustus akan dijalankan di IKN,” kata Moeldoko, kepada wartawan di Kantor KSP, Bina Graha, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Moeldoko menambahkan Presiden Joko Widodo akan segera mengecek langsung infrastruktur penunjang pelaksanaan HUT Ke-79 RI di IKN. Presiden juga akan mulai berkantor di ibu kota baru pengganti Jakarta itu dalam waktu dekat.

Dia juga menyebut Presiden akan memimpin upacara HUT RI ke-79 di IKN dengan ditemani Presiden terpilih, Prabowo Subianto. “Berikutnya di Istana Negara ini akan dipimpin oleh bapak Wapres Ma’ruf Amin dan Wapres terpilih (Gibran Rakabuming Raka). Itu 17 Agustus. Tetap belum ada perubahan sampai saat ini,” tegas mantan Panglima TNI itu.

Terpisah, Kepala Biro Operasi Polda Kaltim, Kombes Dedi Suryadi mengatakan, jumlah tamu undangan yang akan mengikuti perhelatan tahunan HUT RI di IKN sebanyak 1.380 orang.

“Polda Kaltim bersama Kodam VI Mulawarman akan melakukan pengawalan transportasi untuk memastikan kelancaran mobilisasi dari kegiatan tersebut berlangsung aman dan tertib,” pungkas Kombes Dedi.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo