TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Wapres ke 9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Oleh: Farhan
Rabu, 24 Juli 2024 | 11:25 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

BOGOR - Wakil Presiden Republik Indonesia ke-9, Hamzah Haz, meninggal dunia di RSPAD, Jakarta Pusat, Rabu pagi (24/7). Jenazah dibawa ke rumah duka di Jalan Tegalan, Matraman, Jakarta Timur. 

Hamzah Haz menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 09.30 WIB. Ia tutup usia di umur 84 tahun.

Kabar duka ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arwani Thomafi. 

Menurutnya, jenazah Hamzah Haz akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga di Cisarua, Bogor, setelah shalat Dzuhur nanti. 

"Innalillahi wa inna ilaihi Rojiun. Benar, telah wafat Bapak Dr Hamzah Haz pagi ini di kediaman Tegalan. Jenazah akan dimakamkan di Cisarua Bogor siang nanti," kata Arwani kepada Redaksi, Rabu (24/7).

Hamzah Haz lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940. Dia memulai kariernya sebagai guru pada tahun 1960, sebelum beralih menjadi wartawan surat kabar Bebas di Pontianak. Ia kemudian memimpin Harian Berita Pawau di Kalimantan Barat. 

Dalam dunia politik, Hamzah Haz dikenal sebagai Wakil Presiden RI mendampingi Presiden Megawati Soekarnoputri dari 2001 hingga 2004. 

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie dan juga pernah menjadi Wakil Ketua DPR RI serta Menko Kesra di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Kehilangan Hamzah Haz merupakan duka mendalam bagi bangsa Indonesia. Selama hidupnya, beliau telah memberikan kontribusi besar dalam berbagai sektor, baik sebagai seorang politisi maupun sebagai seorang jurnalis.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo