TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Program Makan Bergizi Gratis, Menko Muhadjir Belajar Ke Brazil

Oleh: Farhan
Jumat, 26 Juli 2024 | 09:19 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

BRAZIL - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi restoran dan sekolah yang menyelenggarakan program makan bergizi gratis, di Rio de Janeiro, Brazil pada Selasa (23/7/2024).

Kunjungan ini dilaku­kan untuk mempelajari pro­gram pemenuhan gizi yang telah dilakukan Pemerintah Brazil. Kunjungan Muhadjir itu dilakukan sebelum kegiatan po­kok mewakili Indonesia dalam Ministerial Meeting G20: Task Force for a Global Alliance against Hunger and Poverty di Rio de Janeiro.

Brazil merupakan tuan rumah G20 2024, sedangkan Indonesia sudah menjadi Ketua G20 pada 2022. Dalam kesempatan itu, Muhadjir mengunjungi dua lokasi penyelenggara makan bergizi gratis, yaitu Restaurante Do Povo Herbert de Souza, dan Sekolah Negeri Tingkat Atas CESA (Colegio Estadual Souza Augiar).

Muhadjir menjelaskan, pelak­sanaan program makan gratis ini dilakukan Pemerintah setempat dengan kemitraan swasta yang dikelola di Restaurante Do Povo untuk memberikan makanan ber­gizi untuk masyarakat miskin.

Eks Mendikbud ini pun meli­hat menu-menu yang disajikan bervariatif dan bergizi untuk pemenuhan gizi. “Ini salah satu contoh dari Pemerintah Bra­zil bagaimana cara memer­angi kemiskinan dan melawan kelaparan. Ini saya kira contoh yang sangat bagus,” kata Mu­hadjir dalam keterangan res­minya, Kamis (25/7/2024).

Menurutnya, program makan siang gratis di sekolah merupa­kan agenda dari Pemerintah Brazil untuk memenuhi gizi murid-murid di sekolah.

Setiap murid mendapatkan jatah makan siang gratis melalui prasmanan di kantin sekolah.

“Program makan bergizi gratis yang dilakukan di Brazil sangat bagus dan potensial untuk me­mastikan para murid mendapat­kan tambahan nutrisi yang baik agar dapat belajar dengan lebih maksimal,” ujarnya.

Muhadjir mengungkapkan, keterlibatan seluruh pihak dalam penyediaan program makan siang gratis menjadi bagian penting keberhasilan program tersebut di Brazil. Misalnya, melibatkan petani dan UMKM.

“Kunjungan ini akan menjadi salah satu benchmark untuk kebijakan yang akan diterapkan di negara kami dalam program makan bergizi gratis yang akan dilakukan Pemerintah Indone­sia,” jelasnya.

Manajer Restaurante Do Povo Herbert de Souza Felipe Veirera mengatakan, restorannya merupakan restoran komunitas yang menyediakan makan mu­rah dan gratis bagi masyarakat yang tidak mampu di Brazil.

Restoran ini beroperasi deng­an pendanaan dari pemerintah lokal Rio de Janeiro dan dengan kemitraan swasta.

Felipe menjelaskan, restoran tersebut setiap hari memasak 1.800 sampai 2.000 porsi, bah­kan bisa sampai maksimum 3.000 makanan gratis untuk masyarakat miskin, lansia, dan penyandang disabilitas yang membutuhkan makan.

“Untuk masyarakat umum lainnya dikenai biaya yang sa­ngat terjangkau untuk satu porsi makanan,” tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo