TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kapan Demokrat Berikan Rekomendasi Untuk Jakarta, Jabar, Jateng Dan Sumut

Laporan: AY
Jumat, 26 Juli 2024 | 10:37 WIB
Ketum Demokrat Agus Hari Yudhoyono saat acara di kantor Dempkrat Menteng. Foto : Ist
Ketum Demokrat Agus Hari Yudhoyono saat acara di kantor Dempkrat Menteng. Foto : Ist

JAKARTA - Partai Demokrat kembali menyerahkan 53 surat rekomendasi bakal calon kepala daerah (cakada) di Kantor DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (25/7) malam.

Penyerahan ini dilakukan oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang mencakup 1 rekomendasi untuk calon gubernur serta 52 rekomendasi untuk calon bupati dan wali kota. 

"Sore ini, kami kembali menyerahkan surat rekomendasi kepada kandidat untuk Pilkada 2024," ujar AHY. 

Hadir dalam acara tersebut Sekjen Teuku Riefky Harsya, Bendahara Umum Renville Antonio, Anggota Majelis Tinggi Andi Mallarangeng, dan Ketua BPOKK Herman Khaeron, menandai pentingnya momen tersebut.

Meski demikian, AHY belum bisa memberikan jawaban pasti mengenai rekomendasi untuk provinsi yang menjadi sorotan publik seperti Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), dan Sumatera Utara (Sumut). 

"Awal Agustus? Bentar lagi dong awal Agustus ya. Insya Allah," kata AHY kepada wartawan.

Dia menegaskan bahwa Demokrat sudah menyiapkan linimasa atau timeline untuk pemberian surat rekomendasi tersebut.

Menurut AHY, pengambilan keputusan mengenai rekomendasi ini dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan timeline yang telah ditetapkan. 

"Saya tidak akan menjawabnya sekarang, karena kita akan sampaikan pada saatnya. Enggak seru dong kalau disampaikan sekarang," tambahnya. 

Namun ia menjelaskan bahwa pihaknya sedang menata pengambilan keputusan sesuai timeline, agar mekanismenya benar-benar bisa berjalan dengan baik dan bertahap.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) ini mengungkapkan, Demokrat sudah cukup banyak menyerahkan surat rekomendasi untuk sejumlah daerah. 

"Yang lainnya masih menunggu waktu, nanti saya undang lagi baik untuk daerah-daerah yang tadi dianggap menjadi hot topics, hot issue, Jakarta, Jateng, Jabar dan tentunya Sumatera Utara termasuk beberapa daerah lainnya. Yang jelas itu akan menjadi milik publik pada saatnya, tapi tidak saya jelaskan hari ini," ujar AHY. 

Seperti diketahui, Partai Demokrat tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Mayoritas partai yang tergabung dalam KIM memang belum mengumumkan secara resmi mengusung calon kepala daerah pada tiga provinsi yang terbilang banyak disoroti publik, yakni Jakarta, Jabar, dan Jateng. 

Namun, beberapa partai politik di KIM sudah menyodorkan tokoh potensial yang mungkin didukung pada setiap provinsi itu.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo