TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Ketemu Pengusaha Prancis, Ditemani Erick, Anindya, dan Rosan

Laporan: AY
Sabtu, 27 Juli 2024 | 08:18 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

PRANCIS - Presiden terpilih yang juga Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, menemui para pengusaha besar, di Paris, Prancis, Kamis (25/7/2024). Dalam pertemuan ini, Prabowo duduk diapit Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya Bakrie, dan mantan Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani.

Pertemuan yang bertajuk Indonesian-France Business Executive Luncheon in the Sideline of Paris Summer Olympics 2024 ini, digelar di Istana Elysee. Kedatangan Prabowo dan rombongan disambut secara langsung Presiden Prancis, Emmanuel Macron. 

Begitu iring-iringan mobil Prabowo memasuki Kompleks Istana, marching band mulai memainkan musiknya. Sementara, Macron nampak menuruni tangga istana menyambut Prabowo keluar dari balik pintu mobil untuk memberikan salam dan pelukan hangat.

Momen ini dibagikan Prabowo melalui beberapa foto di akun Instagram @prabowo. "Terima kasih saya ucapkan kepada Presiden Macron atas sambutan yang begitu hangat serta atas penghormatan yang diberikan kepada," tulis Prabowo, memberikan keterangan unggahnya.

Prabowo dan Macron lalu bertegur beramah Tamah di atas pelataran Istana, sembari mengabadikan momen berfoto bersama dengan pose gandengan tangan sebagai tanda eratnya hubungan antara Indonesia dan Prancis. Setelahnya, Macron mengajak Prabowo masuk ke dalam Istana. Di belakang keduanya, nampak Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membuntuti.

Di dalam ruangan bergaya klasik itu, Prabowo duduk satu meja dengan para pimpinan perusahaan besar di Prancis yang berada di bawah naungan Kadin Prancis. Prabowo diapit Erick di sebelah kanan dan Anindya di sisi kiri. Sedangkan Roesan berada tepat di samping Anindya. Di belakang mereka nampak bendera Indonesia dan Prancis berkibar.

Pada pertemuan ini Prabowo mengatakan, kehadirannya beserta rombongan bermaksud untuk membahas seputar isu keamanan global sekaligus memperkuat hubungan kerja sama antar kedua negara. Tak hanya itu, Prabowo turut menyampaikan salam dan ucapan selamat dari Presiden Jokowi kepada Prancis sebagai tuan rumah Olimpiade Paris 2024.

Mantan Danjen Kopassus ini meyakini, Olimpiade Paris 2024 yang digelar pada 24 Juli hingga 11 Agustus 2024, akan berlangsung dengan baik, lantaran kerja sama dari semua pihak termasuk juga para atlet di seluruh dunia. “Kami yakin bahwa Olimpiade ini akan sukses besar, menampilkan bakat luar biasa dari para atlet dari seluruh dunia dan menyatukan negara-negara dalam semangat persahabatan dan kompetisi yang sesungguhnya,” kata Prabowo.

Hubungan antara Indonesia dan Prancis, kata Prabowo, telah berjalan dengan baik sebelumnya dan akan semakin diperkuat dalam berbagai aspek. Di antaranya modernisasi alutsista, industri pertahanan, pendidikan dan latihan, serta forum dialog.

“Kami mengapresiasi Yang Mulia, Presiden Macro yang berperan penting dan aktif dalam keberhasilan hubungan bilateral antara kedua negara. Saya yakin kapasitas Yang Mulia sebagai presiden akan terus mempertahankan dan meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Prancis,” harap Prabowo.

Erick Thohir turut bicara. Di hadapan Presiden Macron dan para pimpinan perusahaan besar di Prancis, Erick menjelaskan bahwa pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka merupakan kelanjutan dari Presiden Jokowi. 

"Dalam pertemuan ini, Pak Prabowo ingin meningkatkan kerja sama yang bisa memberikan manfaat di bidang ekonomi antara Indonesia dan Prancis karena memiliki potensi yang sangat besar," tulis Erick, lewat akun Instagramnya, @erickthohir, Jumat (26/7/2024).

Sedangkan Anindya Bakrie menjelaskan, acara ini merupakan kolaborasi International Chamber of Commerce (ICC), Mouvement Des Enterprises de France (MEDEF), Kadin Indonesia dan Kedutaan Besar Indonesia di Prancis yang dihadiri lebih dari 30 pengusaha Prancis/Eropa seperti Danone, LOreal, Total Energie, Stelantis, Michelin, dan Eramet.

Dia menjelaskan, Prabowo memberikan paparan sangat jelas dan tegas bahwa pemerintahannya ke depan mempunyai kemauan untuk terus menjadikan Indonesia sebagai negara besar yang maju, bermartabat dan berdaulat. "Termasuk dengan berkerja sama dengan semua negara secara win-win untuk menyejahterakan Bangsa Indonesia," ujar Anindya, lewat akun Instagram @anindyabakrie, Jumat (26/7/2024).

Anindya menambahkan, Prabowo juga membahas seputar program efisiensi dan penegakan hukum, industrialisasi, peningkatan perdagangan dan investasi sampai kepada sektor wisata. 

"Beliau menyampaikan bahwa transisi dan kontinuitas program-program Pak Presiden Jokowi berlangsung sangat baik dan menjanjikan. Semoga program kebersamaan Pemerintah dan dunia usaha di sela Olimpiade Paris 2024 dapat membawa manfaat bagi Indonesia-Prancis," harapnya.

Rosan Roeslani ikut mengunggah pertemuan tersebut lewat akun Instagramnya, @rosanroeslani. Dia menjelaskan, dalam pertemuan ini rombongan berbagi wawasan kepada bos-bos perusahaan Prancis mengenai prioritas ekonomi dari Asta Cita Prabowo. Termasuk soal hilirisasi sumber daya pertambangan, komoditas utama, serta transisi dan keamanan energi.

"Selain itu, pertemuan ini juga membahas upaya pertumbuhan masa depan, seperti program makan bergizi gratis, peluang bisnis, serta investasi yang bisa dijajaki perusahaan Prancis untuk mendukung cita-cita Indonesia menjadi negara maju menuju Visi Indonesia Emas 2045," kata Rosan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo