TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gibran, Soal Susunan Kabinet Itu Hak Presiden

Oleh: Farhan
Sabtu, 27 Juli 2024 | 08:35 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka sering ditanya urusan kabinet. Namun, dia se­lalu menunjukkan kedewasaannya dalam berpolitik. Mantan Wali Kota Solo itu menjaga fatsun poli­tik dengan menyatakan, keputusan soal susunan kabinet sepenuhnya diserahkan kepada Presiden ter­pilih, Prabowo Subianto. Karena memang, urusan pemilihan menteri itu, adalah hak prerogatif presiden.

Sebulan terakhir, nama-nama yang calon menteri kabinet Prabo­wo makin sering berseliweran. Tak hanya dari kalangan profesional, sejumlah kader Partai Gerindra pun muncul dan disebut-sebut sebagai calon menteri. Paling teranyar adalah kabar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon yang akan men­jadi Menteri Luar Negeri. Kabar soal ini pertama kali diungkapkan oleh musisi Ahmad Dhani.

Suami Mulan Jameela yang kini jadi kader Gerindra itu mengunggah foto bareng Fadli Zon dan di story Instagram miliknya. "Happy Milad 52 calon Menlu RI 2024-2029," tulis Dhani.

Kepada wartawan, Dhani menilai, Fadli memang cocok dan pantas menjadi menlu.

"Cocoknya begitu. FZ (Fadli Zon) layak jadi Menlu. Pengalaman dan jam terbang," ujarnya.

Isu Fadli jadi Menlu dengan cepat menyebar dan sampai ke kuping Gibran. Menanggapi kabar tersebut, Gibran mengatakan, semua keputusan mengenai kabinet ada di tangan Prabowo selaku presiden terpilih.

"Kalau urusan kabinet, nanti ya. Keputusan di Pak Presiden terpilih (Prabowo)," kata Gibran setelah meninjau makan bergizi gratis di SDN Tugu, Solo, Jumat (26/7/2024).

Ditanya lagi soal wacana itu, Gi­bran kembali menunjukkan tata kra­ma dalam politik. "Keputusan ada di Pak Presiden Terpilih," ungkapnya.

Menurut Gibran, Fadli Zon me­mang mempunyai kemampuan mumpuni sebagai menlu. Meski begitu, Gibran menegaskan, semua keputus­an ada di tangan Prabowo.

Di tempat terpisah, Fadli Zon angkat suara mengenai isu dirinya bakal men­jadi Menlu. Eks Wakil Ketua DPR itu mengaku memilih untuk fokus pada tugasnya saat ini sebagai Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR. Ia tak mau berspekulasi lebih jauh.

Menurut dia, komposisi kabinet sepenuhnya hak prerogatif Prabowo sebagai presiden terpilih. "Kita lihat nanti saja, terserah Pak Prabowo," ujar Fadli, di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis lalu.

Soal disinggung aktivitasnya yang kerap berkunjung ke luar negeri un­tuk menghadiri acara internasional, Fadli menyebut hal tersebut dik­arenakan tugasnya sebagai Ketua BKSAP DPR.

Kita lihat saja nanti. Terserah kepada Pak Prabowo," pungkasnya.

Sementara, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menganggap apa yang disampaikan Ahmad Dhani merupakan bentuk as­pirasi. Namun, dia menyebut kompo­sisi kabinet ke depan belum disusun.

"Ya namanya aspirasi, mungkin kan namanya aspirasi, itu boleh-boleh aja," kata Dasco.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo