TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Didukung Pemkot, Jumlah Pendonor Darah di PMI Tangsel Melonjak

Laporan: Redaksi
Sabtu, 03 Agustus 2024 | 16:33 WIB
Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangsel, Suhara Manullang saat diwawancarai.(ist).
Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangsel, Suhara Manullang saat diwawancarai.(ist).

SERPONG-Selama sepekan, jumlah pendonor darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencapai 500 hingga 700 orang.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Tangsel, Suhara Manullang mengatakan, bahwa rata-rata ada 50 pendonor yang datang setiap hari. Jumlah ini bisa dua kali lipat lebih besar pada hari libur.

“Kalau saya kalkulasikan sepekan, pada hari kerja dan libur, pendonor bisa mencapai hingga 700 orang,” kata Suhara di kawasan Serpong, Jumat (2/8/2024).

Peningkatan jumlah pendonor ini bukan tanpa alasan. Menurut Suhara, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel turut membantu dengan memberikan hibah berupa barang dan uang. Hal ini memungkinkan PMI untuk membenahi dan melengkapi sarana dan prasarana markas mereka.

“Karena tempat nyaman, pendonor akhirnya sering datang ke markas PMI,” ujar Suhara.

Suhara menjelaskan, bahwa peningkatan pendonor juga berkat program Pemkot Tangsel yang menggratiskan biaya kantong darah bagi warganya, sesuai dengan Peraturan Wali Kota Nomor 14 Tahun 2017 tentang biaya pengganti pengolahan darah.   Bantuan tersebut sangat membantu pasien dan rumah sakit dalam pembiayaan pengolahan darah.

“Di dalam pengolahan darah ada biaya pengolahannya, kami bersyukur di Tangsel, Pemkot sangat membantu terselenggaranya pengolahan darah tersebut,” ungkapnya.

PMI juga rutin menggelar donor darah di lingkungan Pemkot Tangsel. “Pak Wali Kota Benyamin Davnie juga menginstruksikan dinas-dinas secara rutin mengadakan donor darah. Kami yang datang secara mobile atau mengerahkan mobil unit untuk terselenggaranya donor darah,” ujar Suhara.

Rutin mengadakan donor darah di lingkungan pemerintah memastikan ketersediaan darah di PMI Tangsel selalu terjaga.

Dimas, seorang karyawan swasta, mengatakan bahwa pelayanan di PMI Tangsel sangat cepat. Menurutnya, PMI Tangsel selalu mengutamakan pasien yang sangat membutuhkan darah.

"Setiap datang ke PMI Tangsel selalu dilayani dengan ramah. Ketika urgent butuh darah, kita benar-benar ditangani dengan cepat tanpa dipersulit," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo