TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Alumni Program Kampus Merdeka Cepat Dapat Kerja, Gajinya Juga Gede

Oleh: Farhan
Selasa, 06 Agustus 2024 | 13:21 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Foto : Ist
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Foto : Ist

JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengungkap, alumni program Kampus Merdeka tak butuh waktu lama untuk mendapatkan pekerjaan. Mereka bahkan mendapat gaji pertama yang lebih tinggi dibanding rata-rata nasional.

Temuan ini disampaikan Nadiem, berdasarkan hasil survei Kemendikbud.

“Jadi, bisa disimpulkan, Program Kampus Merdeka memiliki dampak yang sangat positif terhadap karier lulusan perguruan tinggi,” kata Nadiem dalam sambutannya di acara Pembukaan Pengenalan Kehidupan Mahasiswa Baru (PPKMB) Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Selasa (6/8/2024)

Dengan latar belakang seperti itu, Nadiem berharap, mahasiswa bisa memanfaatkan kesempatan mengembangkan diri melalui Program Magang Merdeka, dengan sebaik-baiknya.

Menurutnya, masa kuliah adalah masa terbaik untuk menggali potensi dan menemukan jati diri. Waktu yang paling tepat untuk mengambil langkah berani dan melakukan eksplorasi.

“Semua itu perlu adik-adik lakukan sebagai bekal menghadapi tantangan dunia dan mewujudkan cita-cita. Apalagi saat ini, kesempatan juga terbuka lebar melalui Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka," tutur Nadiem.

Dalam lima tahun terakhir, lanjutnya, mahasiswa Indonesia mendapatkan hak belajar di luar kampus, selama maksimal 2 semester.

Beragam program ditawarkan Kemendikbudristek. Mulai dari magang, studi independen, pertukaran pelajar di dalam dan luar negeri, serta project wirausaha dan praktik mengajar di daerah.

Di luar itu, juga banyak kampus-kampus yang mengadakan Program Merdeka Mandiri.

“Jadikan masa perkuliahan sebagai momentum untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya. Belajar dari siapa pun di mana pun,” ujar Nadiem mewanti-wanti.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo