TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Presiden, Wapres & Semua Menteri Tinggalkan Jakarta, Ikuti Rapat Perdana Di IKN

Laporan: AY
Senin, 12 Agustus 2024 | 07:33 WIB
Para Menteri seusai makan malam di IKN. Foto : Ist
Para Menteri seusai makan malam di IKN. Foto : Ist

IKN - Hari ini, Presiden Jokowi memenuhi janjinya menggelar Rapat Kabinet perdana di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sehari sebelum rapat digelar, Presiden Jokowi, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, dan semua menteri Kabinet Indonesia Maju telah meninggalkan Jakarta untuk menuju IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Minggu (11/8/2024), Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, sibuk sepanjang hari. Sejak pagi, para menteri mulai berdatangan untuk mengikuti Sidang Kabinet Paripurna perdana di IKN.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjadi pertama yang tiba. Setelah itu, menyusul Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Kedatangan para menteri disambut langsung Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik beserta jajaran Forkopimda.

Lewat tengah hari, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury terbang ke IKN dengan menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Bae-RJ 85. Wapres dan rombongan tinggal landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 1 siang. Setiba di Balikpapan, Kiai Ma'ruf langsung menuju ke IKN dan beristirahat di Hotel Nusantara.

Satu jam setelah pesawat Wapres lepas landas, Presiden Jokowi terbang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 2 siang.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan itu Mensesneg Pratikno, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN yang juga Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Jokowi langsung menuju IKN dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Presiden lalu bermalam di IKN.

“Presiden akan kembali berkantor di IKN selama beberapa hari ke depan. Presiden diagendakan melakukan Sidang Kabinet Paripurna pertama di IKN dan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) sejumlah infrastruktur pendukung di IKN,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/8/2024).

Malam harinya, para menteri sudah berkumpul di IKN. Setelah menempuh perjalanan dari Jakarta, para menteri langsung beradaptasi dengan lingkungan baru yang menjadi simbol masa depan Indonesia. Para menteri memanfaatkan waktu untuk merasakan suasana IKN yang masih dalam proses pembangunan.

Dari foto yang dikirim ke redaksi, terlihat para menteri berkumpul bersama dalam suasana informal. Mereka duduk di luar ruangan di sebuah meja panjang, menikmati waktu bersama sambil berbincang santai dan akrab. Duduk paling depan Pratikno dan Bahlil.

Latar belakang foto memperlihatkan langit yang cerah dengan pemandangan malam hari di IKN dengan patung burung Garuda, dengan pencahayaan yang indah. Para menteri tampak tersenyum dan menikmati momen kebersamaan ini.

Pada malam tersebut, Presiden Jokowi berkumpul dengan para menteri. Presiden terpilih yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tampak sudah tiba di lokasi.

Selain menggelar Sidang Kabinet Paripurna, Jokowi juga akan mengundang gubernur, bupati, dan wali kota dari seluruh Indonesia untuk bertemu di Istana Garuda IKN.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo