TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ratusan Kiai Minta PBNU "Dandani" PKB

Laporan: AY
Senin, 12 Agustus 2024 | 20:01 WIB
Ratusan Kiai berkumpul di Ponpes Tebuireng bahas kisruh PBNU dan PKB. Foto : Ist
Ratusan Kiai berkumpul di Ponpes Tebuireng bahas kisruh PBNU dan PKB. Foto : Ist

JAWA TIMUR - Ratusan kiai struktural dan pengasuh pesantren berkumpul di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (12/8/2024) sore. Dalam pertemuan yang dipimpin tim Pansus PKB (tim bentukan PBNU) KH Anwar Iskandar dan KH Amin Said Husni itu, mereka menyampaikan keresahannya.

Pertemuan dihadiri Pengasuh Pesantren Lirboyo KH Anwar Manshur, Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz, serta para Rais Syuriah PCNU maupun kiai pesantren dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

“Bisa saya simpulkan ada dua kesepakatan dalam pertemuan ini. Pertama, para kiai sepakat bahwa antara PBNU dan PKB memiliki hubungan ideologis, historis, politis, organisatoris dan kultural,” kata KH Anwar Iskandar, saat membacakan hasil kesepakatan, dalam keterangan resmi, Senin (12/8/2024).

Kedua, para kiai meminta PBNU segera mengambil langkah strategis dalam rangka perbaikan PKB ke depan. Kesepakatan ini diambil setelah para kiai merasa bahwa PKB selama ini semakin jauh dari marwah utama saat partai itu didirikan.

KH Amin Said Husni misalnya mengatakan, karena didirikan PBNU maka kepengurusan PKB mulai level DPP hingga bawah semestinya hampir sama dengan struktur di NU. “Ada Rais Syuriah di PKB dinamakan Dewan Syuro. Ada Tanfidziyah di PKB dinamakan Dewan Tanfidz. Hanya beda nama dikit, tapi fungsinya hampir sama,” kata Kiai Amin.

Sayangnya, kata dia, saat ini fungsi Dewan Syuro telah "dikebiri" di PKB. Padahal Dewan Syuro harusnya menjadi penentu utama partai.

Dulu sama dengan NU, malah calon Ketua Dewan Tanfidz harus seizin Dewan Syuro. Tapi sekarang, Ketua Dewan Tanfidz penunjukan DPP yang dalam hal ini Ketua Umum,” ujarnya.

Keputusan organisasi, lanjutnya, harusnya juga sama dengan NU. Yakni harus ada tanda tangan empat orang: Ketua Dewan Syuro, Sekretaris Dewan Syuro dan Ketua Tanfidz serta Sekretaris Tanfidz. Tapi sekarang, Dewan Syuro tidak lagi harus menandatangani semua keputusan partai.

Para kiai yang hadir di Tebuireng ini juga mengungkapkan beberapa fakta bahwa PKB memang sudah terlalu jauh meninggalkan NU. “Padahal dulu kami di bawah mendirikan PKB itu musuhnya kader partai lain dan diancam carok. Tapi, kini mereka seakan tidak lagi butuh NU,” kata Rais Syuriah PCNU Kraksaan.

Di tempat terpisah, yakni di Hotel Yusro, Jombang, puluhan anggota Dewan Syuro dan mantan Dewan Syuro PKB se-Jawa juga berkumpul. Di situ mereka ditemui langsung KH Amin Said Husni. Mereka mengadu ke PBNU karena selama ini peran Dewan Syuro di PKB ditiadakan.

“Saya bicara dan ngobrol dengan teman-teman Dewan Syuro di Jabar. Kami hanya berfungsi pengawasan dan terbatas,” kata Lutfi Andalusie Wakil Ketua Dewan Syuro PKB Cirebon.

Karenanya, bersama puluhan anggota Dewan Syuro lainnya, Lutfi mengadu ke PBNU. Mereka berharap segera ada perbaikan di tubuh PKB.

“Kami menginginkan PBNU mengambil langkah-langkah kongkret,” kata Lutfi. Hasil dari pertemuan Tebuireng dan pertemuan di Hotel Yusro selanjutnya akan disampaikan ke PBNU

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo