TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pengamat: Elektabilitas Sangat Tinggi, Rekomendasi Partai Golkar Sudah Keluar, Airin Harusnya Didukung Ketum Baru

Laporan: Irma Permata Sari
Senin, 19 Agustus 2024 | 22:24 WIB
Foto:Istimewa
Foto:Istimewa

BANTEN - Mantan Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany dinilai masih berpeluang untuk maju di Pilgub Banten. Hal itu terlihat dari dukungan yang kuat dari kader Golkar dan masyarakat Banten.

Pengamat Politik Hudjolly, SH., M. Phil., Ph.D., menyampaikan, Airin memiliki pengaruh elektoral yang kuat di Banten. Selain ia sebagai mantan walikota Tangsel dua periode, Airin juga sudah dikenal oleh banyak masyarakat Banten.

"Dukungan terhadap Airin di Pilkada banyak disampaikan oleh berbagai kalangan, hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) elektabilitas atau tingkat keterpilihan Airin Rachmi Diany mencapai 77,3 persen. Itu menunjukkan masyarakat Banten menginginkan Airin jadi gubernurnya," katanya.

Selain itu, ia menilai Airin merupakan kader Golkar yang menonjol. Prestasinya saat menjadi Walikota Tangsel dua periode diakui publik, bahkan saat pemilu legislatif kemarin Airin memperoleh total suara sejumlah 302.878, telah mencetak rekor sebagai calon anggota DPR RI dengan perolehan suara terbanyak di internal Partai Golkar secara nasional.

Ia menambahkan, Partai Golkar di Banten cukup solid untuk memenangkan Airin di Pilkada. Para kader Golkar satu suara mendukung Airin, mesin Golkar di Banten sudah matang untuk memenangkan, tinggal political will pusat hendak harus segera mengambil peluang itu.

Menurutnya, kekuatan yang dimiliki Airin itu seharusnya menjadi pertimbangan yang kuat bagi DPP Golkar untuk mengusung Airin di Pilgub Banten. Apalagi Partai Golkar sudah mengelurkan rekomendasi kepada Airin untuk maju di Pilkada Banten.

“Ini ujian bagi golkar, mengukur kredibilitas golkar dalam memupuk kader yang potensial. Saya percaya golkar bukan partai kartel tapi memang sungguh-sungguh partai kader yang konsisten,” pungkasnya.

Sementara tokoh masyarakat Banten, Jaka Ruseno menilai, Airin merupakan tokoh yang paripurna untuk memimpin Banten.

"Bu Airin ini sosok yang cerdas dan bijaksana, saya rasa beliau sosok pemimpin yang dibutuhkan Banten," katanya.

Ia menilai, Airin mengetahui persoalan apa saja yang harus diselesaikan di Banten. Karena selama ini sering terjun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi masyarakat.

"Beliau sudah sering mendengar apa yang diinginkan masyarakat, jadi ya jika nanti jadi gubernur sudah paham persoalan apa saja yang harus diselesaikan di Banten," ujarnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus menyatakan, Partai Golkar masih mempertimbangkan untuk mengusung Airin di Pilkada Banten. Namun pihaknya sebelumnya sudah menyerahkan Surat Keputusan (Skep) untuk Airin.

Dengan demikian, Airin berpeluang untuk diusung Golkar di Pilgub Banten. "Golkar baru mengeluarkan SKep. Kita lihat perkembangannya," ujar dia.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo