TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Rayakan PRBC 2024, Bea Cukai di Provinsi Banten Bersatu Kembangkan UMKM

Oleh: Rudi.AE
Senin, 02 September 2024 | 21:31 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG – Dalam rangka Memperingati Hari Bea Cukai ke-78, seluruh Kantor Bea Cukai yang berlokasi di Provinsi Banten, menyelenggarakan event tahunan Pekan Raya Bea Cukai (PRBC) tahun 2024 yang mengusung tema “Berkarya Bersama Membangun Bangsa”. Event ini pun diharapkan dapat memberikan edukasi ke berbagai lapisan masyarakat dalam bentuk sosialisasi, lomba, hingga pameran.

Dalam event tahunan ini, Bea Cukai Banten, Bea Cukai Soekarno Hatta, Bea Cukai Tangerang, dan KPPBC TMP Merak berkolaborasi untuk melakukan sosialiasi kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dengan tema “UMKM Berani Ekspor, karena Ekspor itu Mudah” dan mengundang 80 pelaku UMKM di wilayah Banten pada Kamis (4/7) lalu.

“Acara Sosialisasi UMKM diawali dengan kata sambutan dari Bapak Rahmat Subagio selaku Kepala Kantor Wilayah DJBC Banten Banten dan Bapak Gatot Sugeng Wibowo selaku Kepala KPUBC Tipe C Soekarno Hatta. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa sosialisasi UMKM ini penting untuk dilakukan agar dapat dilakukan pendampingan lanjutan kepada pelaku UMKM. Untuk memaksimalkan acara sosialisasi, panitia PRBC Provinsi Banten mengundang berbagai instansi/pihak yang memiliki kompetensi yang mumpuni di bidangnya. Terdapat lima narasumber dengan topik-topik menarik dan relevan dengan pengembangan usaha milik pelaku UMKM,” demikian keterangan yang diterima oleh Tangselpos.id, Senin (2/9/2024).

Materi pertama dengan tema “UMKM Berani Ekspor, karena Ekspor itu Mudah” disampaikan oleh Bapak Sandro Harinaldi dari Bea Cukai, yang menyampaikan terkait perizinan barang ekspor dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan. Lalu, ada materi dengan tema “Pembiayaan dan Fasilitas Business Matching” dari PT Bank Syariah Indonesia yang menjelaskan terkait dukungan kepada para pelaku UMKM melalui permodalan.

Untuk mengakomodasi pertumbuhan teknologi digital yang amat pesat, perwakilan dari Shopee Campus Indonesia yakni Bapak Firhan Akbar, menyampaikan edukasi dan kiat-kiat kepada para pelaku UMKM tentang bagaimana cara untuk mengembangkan bisnisnya. Selanjutnya, narasumber perwakilan dari FedEx juga menyampaikan materi “Pengiriman Produk”. Sesi pemaparan materi kemudian ditutup dengan penjelasan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten dengan materi “Dukungan untuk UMKM”. 

“Mengakhiri acara, master of ceremony menyampaikan informasi terkait lini masa UMKM Week. Rangkaian kegiatan yang masih berjalan berupa lomba dan pelaksanaan UMKM Fair. Pendaftaran dan pengumpulan karya lomba video endorse UMKM dibuka mulai tanggal 2 Juli s.d. 16 Agustus 2024 dilanjutkan pelaksanaan UMKM Fair pada 10 s.d. 12 Septermber 2024,” lanjutnya.

Melalui kegiatan UMKM Week di Provinsi Banten ini, diharapkan para pelaku UMKM mendapatkan manfaat positif. Para pelaku UMKM yang memenuhi persyaratan juga dapat menyaksikan dan berpartisipasi langsung untuk memeriahkan Pekan Raya Bea Cukai tahun 2024. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses tautan https://bit.ly/prbc2024 .

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo