TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hadapi Arab Saudi, STY Andalkan Para Pemain Eropa

Laporan: Dzikri
Kamis, 05 September 2024 | 08:05 WIB
Kiper Timnas Maarten Paes. Foto : Ist
Kiper Timnas Maarten Paes. Foto : Ist

ARAB SAUDI - Dini hari nanti, Jumat (6/9) pukul 01.00 WIB, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong akan mengandalkan para pemain yang merumput di Eropa menghadapi Timnas Arab Saudi.

Dijadwalkan laga Indonesia Vs Arab Saudi pada pembuka putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C melawan Arab Saudi digelar di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah.

Bagi Indonesia, ini adalah kali pertama bermain di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sebelumnya, Indonesia juga sampai ke babak 16 besar Piala Asia 2023, mencapai semifinal Piala Asia U-23 2024.

"Saya dapat mengatakan bahwa para pemain yang bermain di Eropa, sejujurnya sangat membantu kinerja tim kami," kata pelatih asal Korea Selatan.

STY mengandalkan 10 nama yang merumput di kompetisi Eropa. Mereka adalah Justin Hubner di tim Wolverhampton Wanderers dan ada dua nama yang merumput di Championships atau kasta kedua, Nathan Tjoe-A-On di Swansea City dan Marselino Ferdinan di Oxford United.

Di Eredivise Belanda, ada Calvin Verdonk bersama NEC Nijmegen. Lalu, dari kasta keduanya ada Ivar Jenner di Jong Utrecht dan Rafael Struick di ADO Den Haag. Ragnar Oratmangoen di FCV Dender dan Sandy Walsh di KV Mechelen menjadi perwakilan di Belgia. Ada juga satu nama di divisi dua yaitu Shayne Pattynama di KAS Eupen.

Terakhir, ada Jay Idzes yang bermain di Serie A Italia bersama Venezia.

Selain nama-nama itu, ada Thom Haye yang pada musim lalu tampil konsisten di Heerenveen sebelum kemudian ia saat ini belum mendapatkan klub baru.

Shin mengatakan pemain-pemain yang merumput di benua biru itu sangat membantu meningkatkan performa tim Garuda karena mereka memiliki fisik yang bagus dan pemahaman taktik yang baik.

"Tentu saja kami memiliki pemain yang berasal dari sana, mereka memiliki fisik dan taktik serta pemahaman dan hal-hal teknis yang lebih baik," jelas pelatih 53 tahun itu.

Sementara itu, Pelatih Arab Saudi Roberto Mancini memuji prestasi Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

"Kami mengenal baik timnas Indonesia. Mereka berkembang secara signifikan dalam sepuluh tahun terakhir," kata pelatih asal Italia itu pada jumpa pers menjelang melawan Indonesia.

"Di sisi lain, kami harus benar-benar siap dan percaya diri agar mampu mengalahkan pesaing kami," tambahnya.

Selain melihat perkembangan timnas senior, mantan pelatih yang memberikan gelar Liga Inggris untuk Manchester City itu juga melihat perkembangan timnas kelompok umur Indonesia yang nanti para pemainnya akan menjadi tulang punggung timnas senior yang baru.

"Indonesia merupakan salah satu tim yang berkembang dan kita sudah melihat perkembangan tim muda mereka yang akan menjadi bagian dari tim utama mereka, sehingga kita harus menghormati lawan dan bersikap baik," ucapnya dilansir Antara.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo