TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jangan Potong Anggaran Bansos

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 14 September 2024 | 08:01 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Meskipun sebulan terakhir ini tak terjadi lonjakan harga sembako, tapi menjelang Natal dan Tahun Baru 2025, antisipasi kemungkinan naiknya harga beras, gula dan minyak goreng mesti dilakukan.

Persiapan operasi pasar, mesti dilakukan pihak Kementerian Perdagangan dan Bulog. Persiapan penyaluran bansos sembako mesti dilakukan lebih detil dan akurat oleh Kementerian Sosial. Ini penting untuk mencegah kemungkinan terjadinya kongkalikong atau korupsi bansos.

Kita berharap, dengan operasi pasar seminggu sekali di perkampungan padat penduduk, kenaikan harga sembako bisa direm. İni penting supaya orang-orang dengan penghasilan pas-pasan tetap bisa membeli beras, gula dan minyak goreng.

Kita juga berharap, dengan penyaluran bansos sembako tepat sasaran, mereka yang ada di lapisan paling bawah tetap bisa makan. Ke depan ini, tak boleh ada lagi orang miskin dan sangat miskin, tidak mendapatkan bansos sembako.

Oleh karena itu, untuk kegiatan penyaluran bansos, pihak Kementerian Sosial, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota mesti memilih orang-orang yang berintegritas, kompeten dan jujur.

Kalau masih ada oknum nakal yang coba-coba menyelewengkan bansos sembako, aparat penegak hukum jangan ragu-ragu untuk bertindak tegas.

Kita berharap, sembako yang disalurkan, kualitasnya selalu baik. Artinya, pengadaan beras untuk bansos harus diawasi ketat. Tak boleh ada lagi beras bansos dengan kualitas buruk.

Ke depan ini, pihak Kementerian Perdagangan dan Bulog mesti menyiapkan stok beras khusus untuk operasi pasar. Sedangkan untuk bansos, stok beras mesti disiapkan oleh Kementerian Sosial dan Bulog.

Untuk itu, stok beras yang ada di gudang Bulog mesti dijaga agar selalu berada di angka 1,8 juta ton. Dengan stok beras sebesar itu, Bulog bisa lebih leluasa melakukan operasi pasar dan menyiapkan beras untuk bansos.

Supaya orang-orang yang ada di lapisan paling bawah selalu punya beras, gula dan minyak goreng, kita berharap, anggaran untuk bansos sembako tidak dipotong atau dikurangi.

Pemerintah daerah juga diharapkan, ikut menyiapkan anggaran khusus untuk bansos sembako. Ini penting agar mereka yang ada di lapisan paling bawah, semuanya bisa mendapatkan bansos.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo