TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gempa Di Kabupaten Bandung Rusak Ratusan Bangunan, 81 Orang Terluka

Oleh: Farhan
Rabu, 18 September 2024 | 20:43 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

BANDUNG - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, gempa berkekuatan Magnitudo 5,0 yang mengguncang Kabupaten Bandung pada Rabu (18/9) pagi, menyebabkan 81 orang terluka.

Rinciannya, sebanyak 23 orang mengalami luka berat dan 58 orang luka ringan. Selain di Banding, 1 orang korban juga terdapat di Garut. Semua korban luka telah mendapatkan perawatan di rumah sakit dan puskesmas Kecamatan Kertasari.

Selain menimbulkan korban luka, gempa juga merusakkan ratusan bangunan. Di Kabupaten Bandung, sebanyak 491 rumah terdampak, termasuk 5 fasilitas kesehatan, 9 fasilitas pendidikan, dan 27 tempat ibadah. 

Di Kabupaten Garut, kerusakan tercatat pada 209 rumah, 7 sarana pendidikan, dan 5 tempat ibadah.

Sebanyak 450 warga di Kabupaten Bandung terpaksa mengungsi, dengan sebagian besar berada di Kantor Camat Kertasari. 

Wilayah yang merasakan dampak paling besar adalah Kecamatan Kertasari, Pangalengan, Ibun, Pacet, Arjasari, dan Pameungpeuk di Kabupaten Bandung. Di Garut, gempa terasa di Pasirwangi, Tarogong Kaler, dan Sukaresmi.

BPBD provinsi kabarnya akan segera mengirimkan tim reaksi cepat dan bantuan darurat, termasuk tenda pengungsi, terpal, genset, dan bahan makanan. Tim Reaksi Cepat BNPB juga telah tiba di lokasi untuk mendukung penanganan darurat.

BNPB mengimbau warga untuk waspada terhadap potensi gempa susulan dan memastikan kondisi bangunan aman sebelum kembali ke rumah.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo