TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pj Gubernur Banten Ingatkan Pesan Kampanye Yang Baik, Positif, dan Damai

Laporan: AY
Rabu, 25 September 2024 | 09:37 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERANG - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menghadiri Deklarasi Kampanye Damai yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten di Halaman Masjid Raya Al-Bantani, KP3B Curug, Kota Serang, Selasa (24/9/2024) malam. Kampanye dengan pesan yang baik, positif, dan damai.

"Malam ini KPU membawa kita bersama melakukan deklarasi kampanye damai bagi pemilihan Gubernur Banten dan Wakil Gubernur Banten," ungkap Al Muktabar dalam sambutannya.

Al Muktabar mengatakan pada dasarnya kegiatan kampanye merupakan suatu langkah dalam menyampaikan pesan. Sehingga diharapkan hal-hal itu dapat disampaikan melalui pesan-pesan yang baik, positif dan membawa perdamaian.

"Kita memahami bersama, bahwa kampanye pada dasarnya adalah penyampaian pesan. Tentu kita tahu bersama pesan-pesan yang baik adalah hal yang dianjurkan untuk mencapai kebaikan itu sendiri," katanya.

"Kemudian, kita semua juga paham tentang apa yang menjadi esensi sebuah kedamaian, kedamaian adalah cita-cita kita bersama untuk suatu peradaban. Terlebih di Provinsi Banten kita tahu dengan sejarah panjangnya yang terus-menerus membangun kedamaian," sambungnya.

Al Muktabar juga berharap pada pelaksanaan Pilkada di Provinsi Banten dapat berjalan dengan lancar dan tetap menjaga stabilitas daerah yang damai. Terlebih pada saat Pemilu lalu berlangsung dalam tatanan yang damai mampu menjadi contoh.

"Tentu kita berikhtiar bersama, kita tekadkan dengan deklarasi ini akan menghasilkan kedamaian bersama. Sehingga menjadi damai bagi Provinsi Banten dan kita persembahkan untuk Indonesia," imbuhnya.

Sementara, Ketua KPU Provinsi Banten Mohamad Ihsan mengatakan, "Sejarah juga telah mencatat selama pelaksanaan Pilkada, masyarakat memiliki semangat dan jiwa yang mengedepankan nilai-nilai kedamaian, memegang teguh persatuan dan kesatuan. Sehingga penyelenggara Pilkada berjalan lancar dan damai, maka hal itu diharapkan dapat terus dijaga bersama," ujarnya.

Ihsan menyampaikan pihaknya telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 8.926.662 pemilih, dan saat ini akan memasuki tahapan kampanye pada 25 September hingga 23 November 2024.

Ihsan juga menuturkan, tahapan kampanye adalah salah satu tahapan krusial. Kampanye dilaksanakan sebagai wujud dari pendidikan politik masyarakat yang dimaksud untuk meningkatkan partisipasi pemilihan serentak khususnya di Provinsi Banten.

"Mari kita isi tahapan kampanye dengan kegiatan yang positif, jauhi politik Sara, tolak hoax, tolak money politik, tolak black campaign. Dengan komitmen dari semua pihak, maka tahapan kampanye di Provinsi Banten bisa berjalan aman, lancar dan damai," katanya.

Di tempat yang sama, dalam sambutannya Ketua Bawaslu Provinsi Banten Ali Faisal berharap dengan Deklarasi Kampanye Damai menjadi titik awal dalam pelaksanaan tahapan kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dapat berjalan dengan baik dan tertib.

"Masa dua bulan pelaksanaan kampanye, yang dimulai tanggal 25 September 2024 biasanya dapat menimbulkan potensi pelanggaran, Bawaslu sesuai tugas dan fungsinya akan selalu mengawal, mencatat, mengingatkan dan menindak bila ada pelanggaran ," pungkasnya.

 

 

 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo