TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Guntur Sasono Dan Annisa Mahesa Ditunjuk Jadi Ketua DPR Sementara

Laporan: AY
Selasa, 01 Oktober 2024 | 13:23 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Pimpinan DPR sementara periode 2024-2029 masih menggunakan skema tertua dan termuda. Hasilnya, Guntur Sasono dan Annisa Mahesa terpilih menjadi pimpinan sementara. Mereka mewakili generasi tua dan generasi z.

Guntur tercatat berusia 78 tahun. Sedangkan Annisa berusia 23 tahun. 

Keduanya berkesempatan memimpin Sidang Paripurna dengan agenda Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPR/DPD/MPR periode 2024-2029 RI di kompleks Gedung DPR-MPR, Jakarta, Selasa (1/10/202).

Guntur merupakan politisi Partai Demokrat dengan Daerah Pemilihan Jawa Timur VIII. Saat ini, berusia 78 tahun 2 bulan 30 hari. Sementara Annisa merupakan kader Partai Gerindra mewakili Daerah Pemilihan Banten II yang saat ini genap berusia 23 tahun 2 bulan 15 hari.

Sekretaris Jenderal DPR, Indra Iskandar mengatakan, penetapan pimpinan DPR sementara itu ditetapkan berdasarkan anggota DPR yang tertua dan termuda dari fraksi yang berbeda. Hal ini sesuai Pasal 84 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Selama pimpinan DPR sebagaimana dimaksud pada ayat 1 belum terbentuk Sidang DPR pertama kali untuk menetapkan pimpinan DPR dipimpin oleh pimpinan sementara DPR," tutur Indra.

Kata Indra, berdasarkan keputusan KPU Nomor 1412 Tahun 2024 tentang Penetapan Anggota DPR/DPD/MPR tertua dan termuda hasil Pemilu 2024 ditetapkan bahwa perwakilan anggota DPR usai tertua adalah Zulfikar Achmad dari Partai Demokrat asal Daerah Pemilihan Jambi.

Namun, kata dia, berdasarkan surat pernyataan penyerahan pimpinan sementara DPR Fraksi Partai Demokrat tertanggal 25 September 2024 disebutkan bahwa penyerahan tugas sebagaimana pimpinan sementara DPR RI diberikan kepada anggota DPR terpilih tertua adalah Guntur.

Sebanyak 580 Anggota DPR dan 152 Anggota DPD yang terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang hasil Pemilu Legislatif 2024 untuk periode 2024-2029, dilantik hari ini, Selasa (1/10/2024) di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta.

Jumlah anggota DPR yang terpilih periode ini bertambah dari 575 anggota menjadi 580 anggota karena adanya pemekaran provinsi di daerah Papua. Anggota DPD juga bertambah dari yang sebelumnya berjumlah 136 menjadi 152 orang karena pemekaran provinsi di daerah Papua.

Kemudian partai politik yang lolos ke DPR berkurang dari sembilan partai politik menjadi delapan partai politik. Partai politik yang lolos itu yakni PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai NasDem, PKS, Partai Demokrat, dan PAN.

Hanya saja pada praktiknya, Guntur lebih mendominasi. Meski berlaber Generasi Kolonials, Guntur tetap memegang ritme jalannya sidang. Sementara Annisa yang mewakili anak-anak muda, hanya menjadi pendamping, dan lebih banyak senyum, meski sesekali membantu Guntur.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo