TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kekayaan Anggota DPR, Rusdi Kirana 2,6 Triliun, Trinovi Khairani 358 Juta

Laporan: AY
Jumat, 04 Oktober 2024 | 09:04 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Kekayaan anggota DPR periode 2024-2029 beragam. Ada yang kaya raya, mencapai triliunan. Ada juga yang kere, hanya ratusan juta.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetorkan ke KPK, Rusdi Kirana, yang lolos ke Senayan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur VIII, menjadi anggota Dewan paling tajir. Harta bos Lion Air itu, mencapai Rp 2,6 triliun.

Harta politisi PKB ini paling banyak berupa surat berharga, dengan nilai Rp 2,1 triliun. Disusul aset berupa tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta, Singapura, dan Malaysia dengan nilai Rp 289 miliar.

Pria yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua MPR ini, juga punya simpanan kas dan setara kas sebesar Rp 137 miliar. Sedangkan alat transportasinya hanya bernilai Rp 3 miliar. Rusdi tercatat tidak punya utang.

Posisi kedua anggota DPR paling tajir adalah Fathi dari Partai Demokrat, dengan kekayaan sebesar Rp 1,729. Pengusaha asal Purwakarta ini, punya surat berharga Rp 1,709 triliun, tapi dia masih punya utang Rp 1 miliar.

Berikutnya, Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto, yang maju dari Partai Gerindra. Mantan istri Presiden terpilih Prabowo Subianto ini tercatat punya harga mencapai Rp 709 miliar. Aset Mbak Titiek paling banyak berasal dari tanah dan bangunan senilai Rp 423 miliar. Lokasinya tersebar di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Bali. Anggota DPR dari Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta ini, bebas dari utang.

Anak Ketua DPR Puan Maharani, Pinka Haprani juga punya duit nggak main-main. Meski masih muda, Anggota DPR dari Dapil Jawa Tengah IV ini, sudah punya kekayaan mencapai Rp 38 miliar.

Penghuni Senayan dari kalangan artis juga punya kekayaan yang melimpah. Seperti Ahmad Dhani, tercatat punya harta Rp 199 miliar. Harta politisi Partai Gerindra ini, paling banyak berasal dari tanah dan bangunan. Sementara istrinya, Mulan Jameela, yang juga politisi Gerindra, aset kekayaannya sebesar Rp 18,2 miliar.

Selain itu, ada juga Alfiansyah Komeng, yang terpilih sebagai anggota DPD dari Jawa Barat. Setelah lama malang melintang di dunia komedi, Komeng yang terkenal dengan slogan ‘Uhuy’ ini, punya harta Rp 15,7 miliar, didominasi dari nilai aset properti.

Sementara, anggota DPR paling miskin adalah Trinovi Khairani. Putri mantan Bupati Labuhanbatu Utara, Khairuddin Syah Sitorus ini, hanya mengantongi kekayaan Rp 358,15 juta.

Kekayaan Anggota DPR dari Dapil Sumatera Utara II ini bersumber dari tanah dan bangunan senilai Rp 60 juta, kendaraan berupa motor Honda CRF Rp 37 juta, harta bergerak lainnya Rp 341.150.000, kas dan setara kas sebesar Rp 20 juta, serta utang sebesar Rp 100 juta.

Juru Bicara KPK, Tessa Mahardika menegaskan, LHKPN merupakan instrumen yang wajib dilaporkan secara berkala oleh seluruh anggota DPR dan DPD. Apalagi, LHKPN menjadi salah satu syarat pelantikan mereka.

Ia menerangkan, seluruh anggota Dewan yang baru dilantik telah menyampaikan LHKPN kepada KPK. “Yakni, sejumlah 580 Anggota DPR dan 152 Anggota DPD,” ungkap Tessa.

Sementara itu, Ketua MPR, Ahmad Muzani mengajak seluruh penghuni Senayan untuk menerapkan gaya hidup sederhana agar menjadi contoh buat masyarakat.

“Saya ingin mengajak semua untuk memenuhi prinsip moral, yakni agar kita selalu menjaga hidup sederhana, tidak berlebihan dan berpegang teguh pada konstitusi yang berlaku,” kata Muzani, dalam pidato perdananya, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (3/10/2024).

Muzani menyatakan, hidup sederhana bukan berarti mengabaikan kemajuan atau menghindari pencapaian. Namun, pola hidup tersebut justru mengajarkan anggota parlemen untuk lebih menghargai yang telah dimiliki.

Sekjen Partai Gerindra ini yakin, pola hidup sederhana bakal membangun kontribusi positif buat parlemen, dan memaksimalkan kinerja dewan. “Dengan hidup sederhana, kita lebih fokus dengan hal-hal yang benar-benar penting, seperti keluarga, persahabatan, dan berkontribusi pada nilai positif yang hidup di masyarakat,” pungkasnya.

Di media sosial, netizen ramai mengomentari harta kekayaan anggota DPR yang fantastis. "Kesenjangan sosial itu nyata," sindir @emgininamakuu.

Sedangkan akun @sun31__ sangsi dengan kejujuran sebagian anggota Dewan dalam mengisi LHKPN. "Kenapa nggak ada berita anggota DPR xxx, kekayaan hartanya biasa saja nggak sampai em em an," ujarnya, penuh heran.

Sementara, akun @irwanandro meminta para anggota DPR yang punya harta sedikit untuk tidak kecil hati. Khususnya kepada Trinovi. "Sabar saja Dek, nanti 1-2 tahun lagi yakinlah akan ada pertambahan," tulisnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo