TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Cara Mendapatkan Dana Riset untuk Mahasiswa S1 dari Indofood, Jangan Sampai Terlewat!

Laporan: Redaksi
Rabu, 09 Oktober 2024 | 18:06 WIB
Peneliti Terbaik Program Indofood Riset Nugraha 2022-2023. (Dok. Indofood)
Peneliti Terbaik Program Indofood Riset Nugraha 2022-2023. (Dok. Indofood)

JAKARTA – Untuk mahasiswa S1 yang ingin mendapatkan dana riset, tak perlu lagi khawatir. Sebab, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) kembali membuka program Indofood Riset Nugraha (IRN) 2024-2025.

Program ini pun bisa diikuti oleh mahasiswa dari semua jurusan. Namun jangan sampai terlewat, penerimaan proposal dibuka hingga 21 Oktober 2024 mendatang.

Wakil Kepala Divisi Corporate Communications PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Indrayana, mengatakan program kali ini mengangkat tema “Penelitian Pangan Fungsional Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal”.

“Tema IRN kali ini adalah Penelitian Pangan Fungsional Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal. Kami ajak mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhirnya untuk bersama-sama berkontribusi pada upaya-upaya meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pangan fungsional menuju Indonesia Emas 2045,” kata Indrayana melalui keterangan yang diterima tangselpos.id.id, Rabu (9/10/2024).

Program ini seperti diketahui sudah berlangsung lebih dari 18 tahun lamanya untuk mendorong minat riset generasi muda.

Mahasiswa dari semua jurusan dapat mengikuti program IRN ini, jika cakupan penelitian meliputi Agroteknologi, Teknologi Proses, Gizi dan Kesehatan Masarakat serta Sosial Budaya, dan juga Ekonomi dan Pemasaran. Semua proposal yang masuk pun akan diseleksi oleh Tim Pakar IRN.

"Melalui Program IRN yang menfokuskan pada bantuan dana riset, khususnya di bidang pangan, diharapkan bisa membantu mahasiswa menyelesaikan studinya sekaligus melahirkan generasi peneliti unggul yang jujur dan kreatif. IRN tidak hanya memberikan dana riset, namun juga pendampingan dari Tim Pakar selama melakukan penelitian. Tahun lalu, kami menerima sekitar 600 proposal, meningkat 40% dari tahun sebelumnya dan masih didominasi oleh universitas-universitas dari wilayah barat Indonesia. Kami berharap akan semakin banyak pula mahasiswa dari wilayah lainnya,” lanjutnya.

Untuk mendapatkan dana riset dan menerima manfaat dari program ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari kesesuaian proposal dengan tema program, sesuai dengan ketentuan, kelengkapan proposal, dan juga batas akhir waktu penerimaan.

Berikut cara mengikuti program IRN untuk mahasiswa S1 semua jurusan yang akan melakukan penelitian sebagai tugas akhirnya.

  • Proposal diajukan kepada Sekretariat Panitia IRN, dikirim ke email: [email protected],
  • Penelitian diajukan dalam rangka penyelesaian tugas akhir,
  • Sesuai dengan tema Program IRN yaitu : Pangan Fungsional Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal,
  • Format atau sistematika proposal sesuai,
  • Penelitin dilakukan sesuai dengan bidang studi pengusul,
  • Proposal wajib mendapatkan persetujuan Dosen Pembimbing/Dekan, disertai dengan cap lembaga (halaman pengesahan dan surat pernyataan peserta),
  • Jangka waktu penelitian paling lama 1 (satu) tahun,
  • Penelitian dilakukan dalam wilayah Republik Indonesia,
  • Menyertakan riwayat hidup lengkap Peneliti dan Dosen Pembimbing,
  • Batas pengumpulan terakhir : 21 Oktober 2024,
  • Pengumuman penerima dana IRN : November 2024.

Objek penelitiannya adalah sumber daya alam darat dan laut berbasis potensi dan kearifan lokal meliputi produk petanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, kelautan, peternakan dan air. Cakupan bidang penelitian meliputi Agro-Teknologi (Budidaya), Teknologi Proses/Pengolahan, Gizi dan Kesehatan Masyarakat serta Sosial Budaya, Ekonomi dan Pemasaran.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo