TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bawaslu Tangsel Gandeng Aktivis Awasi Jalannya Pilkada 2024

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 10 Oktober 2024 | 15:38 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggandeng para aktivis dari berbagai elemen organisasi untuk mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. 

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Tangsel, Apria Roles Saputro mengatakan, hal ini dilakukan guna memperkuat fungsi pengawasan untuk lebih optimal.

Maka dari itu, kata Apria, diperlukan kolaborasi antara Bawaslu Tangsel dan seluruh lapisan elemen masyarakat. Termasuk juga peran aktif dari para aktivis yang tergabung dalam berbagai organisasi. 

"Untuk kali ini kami mengundang aktivis, dari organisasi kemahasiswaan, organisasi masyarakat, dan kader pengawas partisipatif," ujar Apria dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang berlangsung di kawasan Serpong, Tangsel, Kamis (10/10/2024). 

Apria menyebutkan, keterlibatan seluruh elemen masyarakat diperlukan guna mewujudkan demokrasi yang berkualitas. 

“Kita butuh semangat dan dukungan dari semua elemen masyarakat agar sosialisasi ini menghasilkan output yang baik serta outcome yang bermanfaat bagi pengawasan pemilu,” ungkapnya. 

Terlebih lagi, menurutnya, hajat Pilkada ini merupakan pesta demokrasi daerah yang harus disambut gembira oleh seluruh warga Tangsel. 

“Pilkada ini bukan seperti pesta pernikahan biasa, kita harus memastikan bahwa prosesnya berjalan sesuai aturan dan transparan, serta dana yang digunakan berasal dari anggaran negara untuk kepentingan rakyat,” jelasnya.

Maka dari itu, kehadiran para aktivis dan masyarakat luas pun sangat diperlukan guna mengawasi perhelatan pesta demokrasi di wilayah termuda se-Provinsi Banten ini. 

"Kita membutuhkan peran civil society, masyarakat luas termasuk para aktivis sebagai penyambung lidah dan fungsi pengawasan kami untuk mengawasi jalannya Pilkada," tuturnya. 

Apria mengungkapkan, jika ada indikasi pelanggaran yang ditemukan pada sepanjang tahapan Pilkada ini, maka jangan segan-segan untuk segera lapor ke Bawaslu Tangsel.  

“Ini adalah hajat bersama, mari kita kawal proses ini agar pada akhirnya kita mendapatkan pemimpin yang benar-benar lahir dari proses demokrasi yang baik,” tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo