TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tiga Akses TPA Rawa Kucing Dibuka Kembali

Oleh: mg.2
Jumat, 18 Oktober 2024 | 08:00 WIB
Antrean truk sampah tak lagi terlihat di TPA Rawa Kucing, Kamis (17/10).(mg.2)
Antrean truk sampah tak lagi terlihat di TPA Rawa Kucing, Kamis (17/10).(mg.2)

TANGERANG - Pemandangan antrean truk sampah yang biasanya memadati Jalan Iskandar Muda menuju pintu masuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kota Tangerang, kini tak lagi terlihat. Lalu lintas yang sebelumnya macet akibat deretan mobil besar kini menjadi lancar, seperti yang terlihat pada Kamis (17/10).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Wawan Fauzi mengatakan, menangani permasalahan kemacetan itu, DLH Kota Tangerang didukung tim PT Oligo. Mereka fokus melakukan penataan sampah untuk dapat mengurai kembali jalur yang memang sebenarnya sudah ada di dalam area TPA Rawa Kucing namun tertimbun gunungan sampah.

“Alhasil, jalur-jalur yang selama ini memang sudah ada akhirnya bisa kembali diaktifkan. Yakni, jalur yang menghubungkan antara pintu satu, pintu dua dan pintu tiga dan termasuk menata titik buang dalam area TPA Rawa Kucing,” ungkap Wawan. 

Ia menerangkan, sekarang terdapat sekitar 200 truk sampah yang melakukan 397 ritase setiap harinya. Kapasitas penanganan mencapai 1.500 ton sampah per hari di atas lahan seluas 35 hektare.

“Penataan tersebut masih berlangsung dan kami telah berhasil membuka jalur truk di dalam TPA Rawa Kucing sepanjang 200 meter dengan lebar enam meter,” jelasnya.

Seorang pedagang di sekitar TPA Rawa Kucing, Een menjelaskan, antrean truk sampah biasanya mulai terlihat sejak pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Antrean ini menyebabkan kemacetan, terutama saat ada kendaraan besar dari arah berlawanan.

“Beberapa hari ini sudah tidak terlihat, lalu lintas benar-benar lancar dan bersih dari antrean truk sampah yang biasanya mengganggu pengendara lain,” ujar Een.

Senada, Nurdin, seorang pengendara yang sering melintasi Jalan Iskandar Muda karena bekerja di daerah Sitanala dan tinggal di sekitar Rawa Kucing, juga merasakan perbedaan yang signifikan. Dia terbiasa menghadapi kemacetan dan aroma truk sampah setiap hari, tetapi kini masalah tersebut telah teratasi.

“Saya lihat antrean truk sampah memang sudah tidak ada. Truk sampah hanya melintas untuk masuk atau keluar TPA Rawa Kucing. Alhamdulillah, kami para pengendara jadi tidak terganggu. Semoga seterusnya begini,” harapnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo